UPT Malioboro bersiap hadapi libur panjang akhir tahun

id Malioboro, libur akhir tahun

UPT Malioboro bersiap hadapi libur panjang akhir tahun

Ilustrasi Pedagang Malioboro (Foto ANTARA)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Unit Pengelola Teknis Malioboro mulai melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan utama wisata di Kota Yogyakarta tersebut saat libur panjang akhir tahun.

“Persiapan yang kami lakukan di antaranya pada aspek pengamanan, kebersihan dan terkait harga yang ditawarkan pedagang kaki lima (PKL) khususnya PKL makanan di Malioboro,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro Ekwanto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pengamanan selama libur panjang akhir tahun akan tetap dilaksanakan oleh petugas Jogoboro, namun ditambah sistem piket atau lembur mulai 22 Desember hingga 1 Januari 2019.

Ekwanto juga memastikan bahwa seluruh kamera “closed circuit television” (CCTV) di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer dalam kondisi baik dan sangat membantu tugas UPT untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Malioboro.

Sedangkan untuk menjaga kebersihan kawasan Malioboro, jumlah petugas kebersihan akan ditingkatkan dua kali lipat dibanding jumlah petugas pada hari biasa sebanyak 18 orang.

Meski tidak menambah jumlah tempat sampah di sepanjang Jalan Malioboro hingga Titik Nol Kilometer, namun UPT Malioboro akan menambah plastik sampah berukuran besar di sekitar tempat sampah untuk mengantisipasi jika ada penambahan volume sampah.

“Pengambilan sampah juga perlu diintensifkan agar kebersihan tetap terjaga,” kata Ekwanto.    

Sedangkan untuk mengantisipasi PKL makanan yang menaikkan harga secara sembarangan, Ekwanto mengatakan, terus memberikan sosialisasi dan mengingatkan PKL untuk memasang daftar menu dan harga di tiap lapak mereka.

“Selama libur panjang akhir tahun ini, kami juga mengintensifkan peran Jogoboro untuk melakukan pemantauan harga makanan di PKL. Harapannya, memang ada bantuan dari Satpol PP Kota Yogyakarta,” katanya.

Saat ini, Ekwanto menyebut, kondisi kawasan Malioboro sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan terutama siswa sekolah yang menghabiskan masa libur mereka di Kota Yogyakarta.

“Jumlah wisatawan yang berkunjung akan semakin bertambah hingga akhir tahun dan saat perayaan pergantian tahun. Peningkatan akan terasa cukup signifikan mulai akhir pekan ini atau menjelang Natal,” katanya. 

Beberapa agenda seni dan budaya juga akan digelar di kawasan Malioboro untuk memeriahkan suasana libur panjang akhir tahun, di antaranya pentas campur sari di sisi barat Hotel Grand Inna Garuda, wayang kulit di depan Malioboro Mall dan pentas seni. 

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024