Puncak arus balik Giwangan diperkirakan Selasa

id Giwangan

Puncak arus balik Giwangan diperkirakan Selasa

Suasana Terminal Giwangan Yogyakarta. (Foto Antara/ Eka Arifa Rusqiyati/)

Yogyakarta (ANTARA News Jogja) - Puncak arus balik penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta pada masa libur akhir tahun diperkirakan terjadi pada hari Selasa (1 Januari 2019) sekitar 18.000 hingga 19.000 penumpang dengan 1.500 bus.

"Penumpang yang akan diberangkatkan dari Terminal Giwangan didominasi penumpang tujuan Jakarta dan Surabaya," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Senin.

Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, Bekti menyebut kondisi di Terminal Giwangan Yogyakarta cukup kondusif dan pelayanan bisa berjalan dengan lancar serta tidak terjadi penumpukan penumpang akibat keterlambatan bus masuk ke terminal.

"Sejauh ini, pelayanan bisa dilakukan dengan cukup lancar dan tidak ada bus yang terlambat masuk ke terminal. Hal ini disebabkan banyak bus yang memanfaatkan jalur tol untuk masuk ke Yogyakarta, baik dari sisi barat maupun dari timur," katanya.

Menurut dia, kepadatan penumpang dari luar DIY yang datang di Terminal Giwangan Yogyakarta saat libur panjang akhir tahun sudah mulai meningkat pada awal pekan ketiga Desember dengan jumlah penumpang yang datang mencapai lebih dari 9.000 orang dan mencapai puncaknya pada 23 Desember dengan 12.471 penumpang.

Sedangkan di jalur keberangkatan untuk armada bus antar kota antar provinsi, kepadatan juga sudah terjadi pada pekan ketiga Desember dengan jumlah penumpang mencapai belasan ribu orang per hari. "Hingga pagi hari ini sekitar pukul 10.00 WIB, sudah ada sekitar 5.000 orang yang diberangkatkan dari Terminal Giwangan ke berbagai tujuan di luar DIY," katanya.

Selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang berlangsung sejak 21 Desember hingga 3 Januari 2019, Terminal Giwangan hanya membuka posko internal karena jumlah penumpang tidak akan mengalami kenaikan signifikan seperti saat Lebaran.

Secara umum, Bekti bahkan memerkirakan akan terjadi penurunan jumlah penumpang sekitar lima persen dibanding tahun lalu karena banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan pribadi, terlebih jalur tol Trans Jawa sudah tersambung dari Jakarta hingga Surabaya.

Ia memerkirakan rata-rata jumlah penumpang bus antar kota antar provinsi dan antar kota dalam provinsi di Terminal Giwangan selama masa libur akhir tahun mencapai 13.000 orang per hari atau tidak jauh berbeda dibanding rata-rata harian sebanyak 12.000 penumpang. Sementara itu, peningkatan kepadatan penumpang juga terjadi untuk moda transportasi kereta api bahkan tiket sejumlah kereta sudah terjual habis hingga awal Januari 2019.

Sampai 30 Desember, jumlah tempat duduk yang terjual untuk keberangkatan dari Daerah Operasi 6 Yogyakarta mencapai 79 persen atau sebanyak 105.997 tempat duduk dari total kapasitas 134.772 tempat duduk yang disediakan.

Tiket sejumlah kereta untuk keberangkatan hingga 3 Januari 2019 bahkan sudah terjual habis, di antaranya Argo Lawu, Sancaka, Taksaka Malam, Malioboro Ekspres Pagi, Jaka Tingkir, Bogowonto, Gajah Wong, Mataram Premium, dan Joglosemarkerto.

Bahkan, sejumlah kereta seperti Fajar Utama Yogyakarta, Senja Utama Yogyakarta, Senja Utama Solo dan Sri Tanjung sudah habis terjual hingga 6 Januari 2019.


(E013) 31-12-2018 14:13:22

 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024