UII berkomitmen tingkatkan kualitas pendidikan

id uii

UII berkomitmen tingkatkan kualitas pendidikan

Puncak acara Milad ke-76 UII Yogyakarta. (istimewa) (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memasuki usia ke-76 tahun terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan potensi yang dimiliki untuk mencetak generasi bangsa yang kompeten dan berakhlak islami.

"Pendidikan yang berkualitas merupakan wujud pelayanan UII pada bangsa," kata Rektor UII Fathul Wahid PhD di depan peserta Sidang Terbuka Senat Milad Ke-76 UII, di Auditorium Prof Dr Abdulkahar Mudzakkir UII Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, pelayanan pada bumi pertiwi ini menyentuh beragam ranah mulai dari bagaimana UII melayani agama, rakyat, ilmu serta keluarga dan berbagai dimensi masa lalu, masa kini, dan harapan. 

"Peristiwa milad menjadi pengingat jati diri dan pemaknaan masa depan mengingat universitas ini lahir dari rahim bangsa Indonesia yang senantiasa melayani Indonesia sebagai warga dunia secara seksama," katanya.

Penguatan nilai pengkhidmatan, kata Fathul, telah dirumuskan dalam tujuan strategis universitas yakni menguatkan nilai dasar keislaman dan pengembangan kapasitas internal, menjulangkan inovasi berkelanjutan untuk membangun rekognisi internasional serta melebatkan manfaat melalui perluasan jangkauan jejaring dan peningkatan dampak.

"Ibarat sebuah pohon, tanpa akar yang kuat maka julangannya akan mudah tumbang sebagaimana sebuah organisasi yang besar tidak akan mampu berkembang apabila manusia dan sistem di dalamnya keropos," katanya. 

Dengan jumlah mahasiswa mencapai 25.959 mahasiswa, Fathul mengatakan menjadi tantangan bagi UII dalam penguatan kualitas lulusan nantinya.

Berbagai upaya telah dilakukan seperti integrasi infrastruktur digital, kualitas tata pamong dan tata kelola kapasitas dosen dan tenaga kependidikan dalam rangka penguatan daya saing lulusan serta mendukung internasionalisasi universitas. 

"Sebagai bagian dari proses perbaikan dan terus mengedepankan kualitas, beragam program sudah dipersiapkan sepanjang tahun 2019 ini," katanya.

Dari beberapa perbaikan kualitas internal yang telah dijalankan, Fathul menyampaikan bahwa beberapa program studi yang ada di UII berhasil meraih kenaikan akreditasi bahkan akreditasi internasional. 

Seperti Program Studi Teknik Kimia yang berhasil meningkatkan akreditasinya menjadi A dan Program Studi Kimia berhasil meraih akreditasi internasional dari The Royal Society Chemistry (RSC).

Selain itu pada tahun 2019 UII menjadi PTS Peringkat 1 Nasional untuk perolehan hibah pendanaan PKM V.

Ketua Badan Wakaf UII Suwarsono Muhammad MA menyampaikan terima kasih kepada Rektor dan segenap sivitas academika UII yang selalu berupaya dalam meningkatkan sistem pengajaran di lingkungan kampus sebagai upaya menghasilkan lulusan yang tak hanya berilmu ilmiah namun juga beramal amaliah. 

Menurut dia, berkat sistem yang baik inilah UII masih dan semoga selalu dipercaya masyarakat dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada bangsa.

"Alhamdulillah masyarakat masih dan semoga selalu percaya dengan kita. Ke depan UII selalu memberikan pelayanan terbaik tak hanya dari pendidikan saja namun juga berbagai aspek seperti kesehatan, ekonomi, dan pengabdian kepada masyarakat," katanya.  

Pada acara puncak Milad ke-76 UII itu turut hadir Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tri Mulyono yang membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY mengatakan pendidikan menjadi salah satu pilar utama pembangunan di DIY, di samping pariwisata dan budaya. Ketiga pilar ini menjadi prioritas pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah DIY. 

"Perguruan Tinggi juga mempunyai tugas utama sebagai institusi yang bertanggung jawab untuk mengajarkan kebenaran, menemukan kebenaran, membangun nilai-nilai baru," katanya.

Sementara itu, dosen Fakultas Kedokteran UII Betty Ekawati Suryaningsih dalam pidato ilmiahnya berjudul Menjaga Pola Hidup Sehat, Memperlambat Proses Penuaan Kulit Merupakan Bentuk Amaliah Islamiah.

Betty mengatakan penting untuk menjaga pola hidup sehat. Setiap orang ingin mempunyai umur panjang dan tetap dalam keadaan sehat meski umur bertambah. Seiring bertambahnya umur, ageing atau penuaan adalah prubahan pada fungsi dan tampilan fisik pada tubuh seseorang.

Proses penuaan karena faktor umur akan dialami oleh setiap orang dan tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, dirinya mengajak segenap sivitas akademika UII untuk selalu menjaga pola hidup sehat dalam upaya memperlambat proses penuaan kulit.

"Kulit yang sehat akan mengarah pada kesehatan mental dan emosional yang lebih baik dan pada akhirnya berdampak pada hubungan sosial yang positif," katanya.

Perayaan puncak Milad ke-76 UII diakhiri dengan penyerahan penghargaan oleh Rektor UII serta penyampaian selamat dari Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII bagi sivitas akademika yang berprestasi dan telah memberikan kontribusi terbaik terhadap perkembangan UII saat ini.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024