Rektor UNY : pendidikan penting untuk membangun peradaban bangsa

id uny,rektor uny,inovasi pendidikan

Rektor UNY : pendidikan penting untuk membangun peradaban bangsa

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Sutrisna Wibawa menyampaikan pidato Dies Natalis Ke-55 UNY di Yogyakarta, Selasa (21/5) (foto istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Sutrisna Wibawa berpendapat bahwa pendidikan penting untuk membangun sendi-sendi peradaban sebuah bangsa.

"Pendidikan adalah investasi peradaban, karena tanpa pendidikan, sebuah negara akan lemah bahkan dapat hancur," katanya dalam pidato Dies Natalis Ke-55 UNY di Yogyakarta, Selasa.

Oleh karena itu, kata dia, setiap bangsa termasuk Indonesia telah menyusun konsep strategis untuk memperkuat landasan filosofis pendidikan dalam rangka menyiapkan generasi penerus yang cendekia.

Menurut dia, filsafat dasar pendidikan Indonesia mengacu pada rumusan Ki Hadjar Dewantara yang telah meletakkan fundamen pendidikan yang berasas kearifan lokal.

Artinya, rumusan pendidikan yang disusun itu harus berbasiskan nilai-nilai keindonesiaan. Hal ini yang menjadi kekhasan pendidikan di Indonesia.

"Secara tujuan tetap dinamis mengikuti perkembangan zaman, tetapi tidak lepas dari akar kebudayaan nasional," kata dia.

Berkaitan dengan hal itu, kata Sutrisna, UNY berkomitmen menghadirkan inovasi pendidikan untuk Indonesia.

Tujuan akhirnya adalah untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa Indonesia yang berdaulat, terhormat, dan disegani di mata dunia dengan cara pencerdasan kehidupan setiap insan bangsa Indonesia.

"Pencerdasan kehidupan bangsa itu dilakukan UNY dengan menjadi universitas kependidikan yang unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan," kata Sutrisna.
Baca juga: Wapres JK : pendidikan harus berbasis masa depan
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar