Gara-gara atur skor sepak bola, pejabat Nigeria diskors seumur hidup gara-gara

id Suap sepak bola,pengaturan skor,Samson Siasia,Fifa

Samson Siasia saat melatih timnas Nigeria sebelum menjabat bos federasi sepak bola negeri itu. Siasia diskors seumur hidup oleh FIFA untuk tidak boleh berurusan dengan sepak bola. (Reuters)

Jakarta (ANTARA) - FIFA pada Jumat waktu setempat melarang seumur hidup mantan pejabat Federasi Sepak Bola Nigeria Samson Siasia setelah panel etik FIFA menyatakan dia bersalah karena menerima suap untuk pengaturan hasil pertandingan.

Komisi etik independen FIFA menyatakan penyelidikan kasus Siasia adalah pengembangan dari investigasi terhadap Wilson Raj Perumal yang mengaku mengatur hasil pertandingan-pertandingan internasional.

Penyelidikan yang sudah dimulai sejak Februari itu menyimpulkan Siasia bersalah karena menerima suap dalam kaitannya dengan manipulasi pertandingan sehingga melanggar Kode Etik FIFA, kata komisi etik FIFA itu seperti dikutip AFP.



Selain dilarang seumur hidup berurusan dengan sepak bola, Siasia juga dijatuhi denda 50 ribu franc Swiss.

Mantan striker itu juga menangani timnas Nigeria. FIFA tidak merinci lebih jauh bentuk kaitan Siasia dengan Perumal, warga negara Singapura yang ditangkap dan dipenjarakan di Finlandia pada 2011 atas skandal pengaturan hasil pertandingan di negara itu.

Perumal kemudian menjadi kolaborator para penyidik pengaturan hasil pertandingan.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar