Indra Sjafri terbantu Trofeo HB X tentukan pemain di SEA Games

id Indra sjafri,Timnas,U-23,Trofeo HB X

Indra Sjafri terbantu Trofeo HB X tentukan pemain di SEA Games

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri menjawab pertanyaan saat jumpa pers seusai turnamen Trofeo HB X Cup 2019 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu sore. (FOTO ANTARA/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri mengaku terbantu dengan gelaran turnamen Trofeo HB X atau Hamengku Buwono X Cup 2019 dalam menentukan pemain Garuda Muda yang akan didaftarkan pada SEA Games 2019 di Filipina.

"Kami dapat gambaran yang sebenarnya terkait pemain yang akan didaftarkan (mengikuti SEA Games 2019) paling lambat tanggal 20 September," kata Indra Sjafri saat jumpa pers di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu sore.

Menurut Indra, Trofeo HB X Cup 2019 sekaligus menutup pemusatan latihan (Training Camp/TC) Timnas U-23 di Yogyakarta sejak 3-9 September 2019. TC akan digelar kembali pada 1 Oktober 2019 untuk persiapan mini turnamen di China pada tanggal 7-15 Oktober.

"Manfaat trofeo tadi adalah kita mencoba semua pemain, mencoba 29 pemain minus satu kiper yang tidak bisa kita lihat, yakni Satria. Tapi Satria sangat tahu kemampuan dia," kata Indra.

Kendati demikian, Indra mengatakan turnamen Trofeo HB X yang dimenangkan oleh anak asuhnya itu belum mewakili gambaran secara utuh potensi masing-masing pemain Timnas. Oleh sebab itu, sebagai penentu akhir, TC akan kembali di gelar pada Oktober mendatang.

"Kalau memahami secara utuh tentu belum, karena itu besok TC lagi pada Bulan Oktober. Saya berharap pengertian dari klub, benar-benar nanti pemain yang kita panggil memang dilepas dengan ikhlas dan selama dua bulan itu kita baru menentukan 20 pemain yang kita bawa (untuk SEA Games di Filipina)," kata Indra.

Indra memberikan perhatian khusus terhadap pemainnya yakni Asnawi Mangkualam yang menerima kartu merah pada laga Trofeo. Wasit menghadiahi Asnawi dan pemain Bali United Fahmi Al Ayyubi kartu merah karena keduanya sempat terlibat cek-cok setelah saling berbenturan.

Bagi Indra, pemain sepak bola selevel Timnas Indonesia harus lebih mampu mengatur emosi di lapangan. "Kalau sudah level nasional jangan terpancing, harus 'cool', karena determinasi pertandingan tinggi. Sebenarnya tidak ada niatan dari dia, tapi mungkin karena terbawa suasana pertandingan," kata dia.

Timnas Indonesia U-23 berhasil merebut piala Trofeo HB X atau Hamengku Buwono X Cup 2019 setelah menumbangkan PSIM Yogyakarta dengan skor 4-1 dan Bali United 1-0 di Stadion Mandala Krida, Kota Yogyakarta, Minggu sore.



Turnamen HB X Cup 2019 mempertemukan tiga klub yakni Timnas Indonesia U-23, Bali United, dan PSIM Yogyakarta menggunakan format segitiga, di mana setiap pertandingan hanya berlangsung satu babak, 45 menit.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar