KPU Bantul audiensi dengan Kapolres terkait Pilkada 2020

id Audiensi KPU

KPU Bantul audiensi dengan Kapolres terkait Pilkada 2020

Ketua dan anggota KPU Kabupaten Bantul beraudiensi dengan Kapolres Bantul serta jajaran dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada Bantul 2020. ANTARA/HO-Humas KPU Kabupaten Bantul

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Resor setempat beserta jajaran guna memastikan kesiapan pengamanan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono saat menerima audiensi Ketua dan anggota KPU Kabupaten Bantul di Polres Bantul, Selasa, mengatakan bahwa kesatuannya siap melakukan pengamanan dalam setiap tahapan pilkada.

"Saat ini kami sedang melakukan inventarisasi jumlah personel pengamanan yang dibutuhkan sejak di KPU sampai dengan tingkat TPS (tempat pemungutan suara)," katanya.

Menurut Kapolres, paling tidak ada 23 kegiatan yang dimulai dari tahapan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati sampai dengan pengamanan antisipasi pemungutan suara ulang (PSU) maupun pemungutan suara lanjutan (PSL) yang akan diberikan dukungan pengamanan.

Dalam pelaksanaan pengamanan pilkada tersebut, pihaknya akan dibantu personel oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul.

"Beberapa evaluasi dalam pengamanan dalam Pemilu 2019 seperti pengamanan kampanye dan distribusi logistik menjadi salah satu perhatian utama dalam pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho mengatakan bahwa salah satu perbedaan tahapan pilkada dengan pemilu adalah rentang waktu masa kampanye pemilihan yang berlangsung selama 71 hari, dimulai dari 11 Juli s.d. 19 September 2020.

"Meskipun masa kampanye lebih pendek, kerawanan keamanan pada masa kampanye tetap perlu diantisipasi mengingat pemilihan kepala daerah kontestasinya lebih lokal dan lebih dekat," katanya.

Selain itu, kata dia, dalam hal pengelolaan logistik, kerja sama antara KPU Kabupaten Bantul dan Polres Bantul sejak penyimpanan, pengepakan, hingga distribusi ke masing-masing TPS perlu dilanjutkan dalam tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar