ACT bangun sumur wakaf di Tepi Sungai Opak

id ACT

ACT bangun sumur wakaf di Tepi Sungai Opak

ACT bangun sumur wakaf di Tepi Sungai Opak (Foto ACT)

Yogyakarta (ANTARA) - Sejak akhir pekan kemarin Tim dari Global Wakaf-ACT telah memulai pengeboran Sumur Wakaf yang terletak di Ponpes Baitul Qur'an Cendekia yang beralamat di Potrobayan, Srihardono, Pundong, Bantul, Senin (30/11).

Ponpes Baitul Quran ini adalah sebuah pondok pesantren penghafal qur’an setingkat SMP yang tengah berjuang untuk melengkapi berbagai sarana dan prasarana untuk santri-santrinya.

Potrobayan merupakan sebuah dusun yan terletak di bantaran sungai Opak, Bantul yang terkadang masih kekurangan air bersih terutama saat musim kemarau. Selain itu sumur galian warga yang kedalamannya lebih tinggi dari kedalaman sungai Opak seringkali airnya berbau. 

"Sehingga satu-satunya jalan untuk mendapatkan air bersih adalah dengan membangun sumur bor yang cukup dalam," kata Onny Leo Tim ACT DIY yang tengah meninjau pembangunan Sumur Wakaf di Pundong. 

Sementara itu Mustofa, kepala Yayasan Ponpes Baitul Qur’an mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan wakaf berupa pembangunan yang diberikan. 

"Di daerah sini sering kesulitan air bersih, sumur ini semoga menjadi solusi dan akan sangat bermanfaat bagi para santri, ustadz, dan juga masyarakat sekitar," jelas Mustofa. 

Sumur wakaf ini juga dilengkapi dengan lima MCK dan bak tampungan dengan kapasitas 1.000 liter, sehingga akan mencukupi kebutuhan seluruh santri, serta masyarakat sekitar sekiranya ada yang membutuhkan air beserta sarananya. "semoga dengan adanya bangunan wakaf ini, Allah ta'ala membalas dengan yang lebih baik lagi kepada ACT beserta para pewakifnya," kata Mustofa.