Pengamanan Lebaran di stasiun Daop 6 melibatkan K-9 TNI/kepolisian

id pengamanan,stasiun,yogyakarta,lebaran,K-9,anjing pelacak

Pengamanan Lebaran di stasiun Daop 6 melibatkan K-9 TNI/kepolisian

Seekor anjing pelacak tengah melakukan tugasnya untuk pengamanan di Stasiun Tugu Yogyakarta selama masa Angkutan Lebaran 2022, Jumat (22/4/2022) (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pengamanan pada masa Angkutan Lebaran 2022 di stasiun yang masuk wilayah kerja PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta tidak hanya diperkuat oleh personel polsuska dan tenaga keamanan saja tetapi juga melibatkan pengamanan dari divisi K-9 TNI dan kepolisian.

“Pengamanan dari K-9 ini sifatnya on call. Jadi ketika dibutuhkan untuk pengamanan baru diterjunkan ke stasiun,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pengamanan dengan melibatkan anjing pelacak tersebut akan dilakukan di seluruh stasiun di Daop 6 Yogyakarta.

“Sifat pengamanannya tidak standby tetapi on call. Bisa datang ke stasiun manapun yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu Kasubnit Cegah Tangkal Ditsamapta Polda DIY Aiptu Slamet mengatakan, menerjunkan dua ekor anjing pelacak untuk mendukung pengamanan pada masa Angkutan Lebaran di stasiun dengan enam personel kepolisian.

Kedua anjing pelacak tersebut masing-masing berjenis Labrador yang memiliki spesialisasi melacak narkotika dan Belgian Malinois yang memiliki kemampuan melacak bahan peledak.

“Keduanya memiliki usia hampir sama sekitar lima atau enam tahun,” katanya.

Kedua anjing tersebut, lanjut dia, akan memberikan tanda ke pawang apabila menemukan benda-benda mencurigakan dan berbahaya.

“Satwa tentu memiliki kepekaan yang lebih baik dibanding manusia untuk mengendus keberadaan narkotika atau bahan peledak sehingga keberadaan mereka sangat penting,” katanya.

Menurut dia, pengamanan dengan menerjunkan anjing pelacak tidak hanya ditujukan untuk melacak narkotika dan bahan peledak saja tetapi juga diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang tengah melakukan perjalanan mudik Lebaran.

“Dan mungkin juga akan mengurangi niat dan kesempatan dari orang-orang yang memiliki maksud buruk saat kondisi stasiun ramai. Misalnya ada copet atau jambret,” katanya.

Ia mengatakan, selama bertugas di divisi anjing pelacak belum pernah mendapati temuan narkotika atau bahan peledak di stasiun dan tempat umum lainnya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024