Achmad Yurianto sosok yang mengayomi, ungkap keluarga

id Achmad Yurianto,Achmad Yurianto Meninggal Dunia

Achmad Yurianto sosok yang mengayomi, ungkap keluarga

Suasana di rumah duka mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 dr Achmad Yurianto, di Jalan Ir Soekarno Nomor 31, Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2022). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Almarhum dr Achmad Yurianto, mantan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, dikenang keluarga sebagai sosok yang mengayomi dan gemar bersenda gurau.

Kakak kandung almarhum, Sri Yuriati di rumah duka di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu, mengatakan bahwa Achmad Yurianto merupakan sosok yang mengayomi dan sangat memperhatikan keluarga serta orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Ia sosok yang mengayomi, paling mengayomi. Orang yang baik. Tidak banyak bicara tapi bukan pendiam dan suka bercanda,” kata Sri.



Sri mengatakan, sempat berkomunikasi dengan almarhum pada saat perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah lalu. Saat itu, almarhum sempat berbicara dengan anak-anaknya menggunakan bahasa isyarat sembari bercanda

“Istrinya bercerita, saat Lebaran berbicara menggunakan bahasa isyarat. Itu lucu, kita semua tertawa,” katanya.

Selama mengalami sakit, lanjut dia, almarhum juga tidak pernah mengeluhkan sakitnya tersebut. Almarhum lebih banyak bercanda dengan keluarganya termasuk pada saat menjalani perawatan.



“Tidak pernah mengeluh sama sekali. Lebih sering bercanda sama keluarga dan tetap ceria selama sakit,” katanya.

Achmad Yurianto yang juga Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan sekaligus pernah menjabat sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 tutup usia setelah sekian lama berjuang melawan sakitnya.

Almarhum wafat pada 21 Mei 2022 sekitar pukul 18.58 WIB setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang selama kurang lebih tiga hari. Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka di Jalan Ir Soekarno Nomor 31, Kota Batu, Jawa Timur.



Sebelum menjalani perawatan di RSUD Saiful Anwar Kota Malang, Almarhum juga sempat dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Jakarta akibat kanker usus.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024