Sleman koordinasi dengan Kemenko Perekonomian mengembangkan kopi Merapi

id Kopi Merapi,sleman

Sleman koordinasi dengan Kemenko Perekonomian mengembangkan kopi Merapi

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat melakukan koordinasi dengan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Susiwijono Moegiarso terkait pengembangan kopi dari wilayah lereng Gunung Merapi. ANTARA/HO-Pemkab Sleman

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI terkait potensi pengembangan kopi di wilayah lereng Gunung Merapi.

"Koordinasi kami lakukan pada 2 Juni dan koordinasi tersebut diterima langsung Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Susiwijono Moegiarso," kata Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Sleman, Kamis.

Menurut dia, dalam koordinasi tersebut, Pemkab Sleman menyampaikan bahwa sebelum erupsi Gunung Merapi 2010, kopi Merapi sangat melimpah dan pascaerupsi ini Kabupaten Sleman mempunyai keinginan untuk mengembalikan lagi kawasan kopi Merapi dan akan lebih ditata lagi.

"Saat ini, kami perlahan memulai kembali pengembangan kopi di lereng Merapi seluas 200 hektare, kami melihat potensi pasar kopi Merapi di DIY sangat luas dan Kabupaten Sleman belum bisa memenuhi permintaan pasar yang banyak," katanya.

Ia mengatakan, peminat kopi Merapi ini dikarenakan cita rasa kopi Merapi mempunyai kekhasannya tersendiri, hal tersebut terlihat dari peminat kopi merapi yang tidak hanya di DIY melainkan juga dari beberapa daerah di luar daerah.

Danang mengatakan dalam koordinasi ini ingin meminta masukan serta arahan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian terkait pengembangan potensi kopi Merapi serta potensi-potensi lainnya yang ada di Kabupaten Sleman.

Sedangkan, potensi lainnya di Kabupaten Sleman yakni UMKM. Anomali pertumbuhan UMKM saat pandemi yang tercatat sebelum pandemi UMKM di Kabupaten Sleman sekitar 65 ribu, namun saat pandemi pelaku UMKM tumbuh sekitar 98 ribu.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman mempunyai komitmen dalam pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM.

"Kami menilai sektor UMKM adalah sektor yang tercepat dalam memperbaiki perekonomian di Kabupaten Sleman, maka dari ini kami perlu masukan serta saran dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dalam pengembangan UMKM yang paling efektif dilakukan," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024