Gapoktan Tirto Sembodo Sleman sukses panen raya bawang merah

id Gapoktan Tirto Sembodo ,Wabup Sleman Danang ,Panen bawang merah,Bawang merah ,DPKP DIY,Kabupaten Sleman ,Sleman

Gapoktan Tirto Sembodo Sleman sukses panen raya bawang merah

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melakukan panen daya bawang merah di lahan Gapoktan Tirto Sembodo di Gendungan, Tirtomartani, Kalasan, Kamis (7/9/22). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tirto Sembodo, Tirtomartani, Kapanewon (Kecamatan) Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta sukses melakukan panen raya bawang merah di area persawahan Dusun Gendingan, Jarakan, Tirtomartani, Kalasan, Kamis.

Panen raya bawang merah yang merupakan bantuan dari APBN Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian tersebut dipimpin langsung Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

"Kami merasa bangga karena Gapoktan Tirto Sembodo ini mampu mengembangkan komoditas bawang merah dengan hasil panen yang cukup besar mencapai 21,5 ton," kata Danang Maharsa.

Baca juga: Petani Bantul harus melek teknologi pertanian

Danang juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dirjen Hortikultura yang telah memberikan bantuan tersebut.

"Pemberian bantuan ini tentunya akan sangat membantu petani dalam budi daya bawang merah yang dilakukan guna meningkatkan produktivitas dan kualitas bawang merah yang dihasilkan," katanya.

Menurut dia, para petani harus memberikan perhatian khusus pada tiga titik kritis dari rantai agribisnisnya. Yakni meliputi ketersediaan benih unggul dan bermutu, teknik budidayanya serta penanganan panen dan sesudahnya.

"Ketiga hal tersebut menjadi kunci penting untuk memberikan keuntungan bagi para petani. Petani juga bisa melakukan manajemen yang baik untuk masa tanam komoditi bawang merah ini," katanya.

Ia mengatakan, dengan upaya tersebut, maka diharapkan harga komoditas bawang merah di pasaran akan stabil dan produknya selalu tersedia di pasaran dalam jumlah yang mencukupi.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY Wiwin Suryawati mengatakan capaian Gapoktan Tirto Sembodo layak untuk diapresiasi.

"Selain itu, produksi kampung bawang merah Gendingan Tirtomartani juga ditargetkan meningkat 20 persen per tahun," katanya.

Ia berharap, kondisi baik tersebut dapat dikembangkan dalam bentuk pasar lelang bawang merah.

"Sleman sudah sukses memiliki pasar lelang cabai, semoga kedepannya secara bertahap, hal tersebut juga terjadi pada bawang merah, Sehingga, daya tawar petani lebih tinggi dan lebih bisa mensejahterakan para petani," katanya.

Baca juga: Kementan harapkan petani simpan sebagian panen bawang untuk benih sendiri
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024