Handayani Night Festival 2022 digelar akhir pekan libatkan 300 seniman

id Gunungkidul ,Handayani Night Festival

Handayani Night Festival 2022 digelar akhir pekan libatkan 300 seniman

Ilustrasi - Kegiatan Handayani Night Festival di Gunungkidul pada 2021. ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul (ANTARA) - Pelaku seni budaya di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar Handayani Night Festival 2022 di Taman Kota Wonosari pada 1 Oktober dengan tema "Holopis Keroncong Baris!" melibatkan sekitar 300 seniman.

"Dalam festival ini, kami akan menampilkan beragam kesenian yang dipadukan dengan musik keroncong. Akan ada sekitar 300 seniman yang terlibat," kata Ketua Handayani Night Festival (HNF) Gunungkidul Guntur Susilo di Gunungkidul, Jumat.

Sebanyak 10 grup keroncong akan tampil disamping pagelaran budaya yang diwadahi oleh Gugur Gunung Project akan menampilkan street fashion show batik, tari kolaborasi, mural, kuliner, dan workshop.

Selain itu, HNF yang merupakan perkembangan dari Festival Kebudayaan Gunungkidul juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari Endah Laras, Bagus Mazasupa, Livy laurens, Reza Dien, dan 100 penampil lainnya.

Dengan demikian, lanjut dia, HNF tidak hanya semata-mata festival seni dan budaya tetapi diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta adanya transmisi pengetahuan sebagai pondasi kebudayaan masyarakat Gunungkidul.

"Sinergi antara masyarakat, situs, dan pengetahuan telah melahirkan habitus seni-budaya dalam gerak peradaban," katanya.

Sementara itu, penanggungjawab Gugur Gunung Project Tinus Sulistyo mengatakan festival HNF merupakan upaya kolektif di masa pandemi yang nampaknya belum berkeinginan undur diri.

Kesenian, lanjut Tinus, menjadi cara bagi masyarakat untuk kembali menimba semangat kebersamaan, melestarikan dan mendayagunakan kebudayaan.