Ternyata, cuci tangan banyak manfaatnya

id Cuci tangan,Cuci tangan cegah penularan penyakit,Cuci tangan cara sederhana cegah penularan penyakit,Cuci tangan salah s

Ternyata, cuci tangan banyak manfaatnya

Seseorang sedang mencuci tangan. ANTARA/Wuryanti Puspitasari.

Jakarta (ANTARA) - Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr. Yudhi Wibowo mengingatkan bahwa mencuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara sederhana mencegah penularan berbagai penyakit termasuk COVID-19.

"Cuci tangan pakai sabun ini sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit infeksi termasuk COVID-19," katanya dihubungi dari Jakarta, Senin.

Pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed tersebut menjelaskan bahwa masyarakat perlu terus menerus diingatkan mengenai pentingnya protokol kesehatan mengingat pandemi belum berakhir.

"Cuci tangan pakai sabun atau cairan khusus pembersih tangan itu salah satu elemen penting dalam protokol kesehatan pencegahan COVID-19," katanya.

Dengan demikian, kata dia, edukasi dan sosialisasi harus terus digencarkan guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya cuci tangan pakai sabun.

"Dengan cuci tangan pakai sabun maka tangan akan bersih dari risiko kontaminan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit infeksi," katanya.

Dia menyebutkan, contoh penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan pakai sabun di antaranya adalah COVID-19, tifoid hingga cacingan.

 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024