Kualitas guru harus ditingkatkan agar murid berprestasi

id HUT PGRI di Papua Barat ,PGRI Papua Barat ,Hari Guru Nasional Papua Barat ,Kesejahteraan guru Papua Barat ,Pendidikan Pa

Kualitas guru harus ditingkatkan agar murid berprestasi

Sejumlah guru menghadiri upacara bendera dalam peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) serta Hari Guru Nasional di Halaman Kantor Gubernur Papua Barat, Jumat (25/11/2022). (ANTARA/Rachmat Julaini)

Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya memperjuangkan peningkatan kualitas serta penerimaan guru untuk meningkatkan kualitas serta memenuhi standar kompetensi mengajar dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar.
 
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Papua Barat Dance Sangkek  menyatakan terus memperjuangkan peningkatan kualitas guru di antaranya melalui sertifikasi guru  di daerah setempat.
 
"Kita di daerah juga sudah mau menyiapkan insentif untuk mendorong mereka supaya ikut sertifikasi karena itu kualitas guru selalu ingin kita tingkatkan dan merupakan bentuk dukungan kami di Papua Barat," ucap Dance di Manokwari, Jumat.
 
Dalam hal penambahan jumlah guru, dia menyebut terus memberikan kuota penerimaan guru setiap ada peluang yang terbuka seperti melalui rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), untuk mengurangi adanya gap antara jumlah guru dan murid.
 
Menurut Dance kebutuhan guru ideal adalah 1:20 atau satu guru mengajar untuk 20 murid. Tetapi di Papua Barat, dia menilai hal itu masih jauh.
 
"Akibat gap yang terlalu jauh, maka informasi dari guru ke murid itu sulit sampai," ucapnya.

Untuk tingkat kabupaten dan kota, Dance menyarankan agar ada kerja sama yang dibangun Pemkab setempat dengan universitas maupun kampus untuk memenuhi kebutuhan guru di setiap sekolah.
 
Dia mengaku Pemprov Papua Barat terus mengidentifikasi masalah guru serta mengajak semua pihak untuk memperhatikan kebutuhan guru mengingat adanya dinamika dan perubahan secara global.
 
Perubahan secara global itu dicontoh Dance seperti perkembangan teknologi digital yang selalu menjadi tantangan guru untuk terus menyesuaikan diri.
 
Penyesuaian diri setiap guru juga dilakukan pada kebijakan setiap kurikulum yang berlaku.
 
 
 
Sejumlah guru menziarahi makam pahlawan di TMP Manokwari dalam peringatan HUT ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) serta Hari Guru Nasional, Jumat (25/11/2022). (ANTARA/Rachmat Julaini)
 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024