Mendag akui Indonesia tak punya rencana stok pangan

id mendag, stok pangan, rencana stok pangan, harga telur, harga cabai, pasokan pangan, pangan, impor beras, beras impor, bu

Mendag akui Indonesia tak punya rencana stok pangan

Tangkapan layar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam webinar "Polemik Impor Beras di Akhir Tahun" yang digelar Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Jakarta, Selasa (27/12/2022). (ANTARA/Youtube ICMI TV)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengakui Indonesia tidak memiliki rencana stok pangan, menyusul adanya fluktuasi harga sejumlah kebutuhan pangan pada momentum tertentu.

Zulhas, sapaan akrabnya, memberi contoh kasus harga telur yang bisa naik dan turun berdasarkan banyaknya permintaan konsumen. Begitu pula harga cabai dan daging ayam yang kerap turun dan naik berdasarkan pasokan.

"Ayam bertelur hari ini, kalau permintaannya tinggi besok, harganya naik. Kalau permintaannya besok sedikit, harganya turun. Potong ayam hari ini, kalau pagi harganya bagus. Jam 9 turun, tambah siang tambah turun. Makanya kalau tidak laku ayamnya busuk. Besok nyembelih lagi. Kalau panen cabai, jual hari ini, tidak laku besok, busuk. Jadi kita ini tidak punya rencana stok pangan," kata Mendag dalam webinar "Polemik Impor Beras di Akhir Tahun" yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Mendag Zulhas menuturkan rencana stok pangan sangat penting untuk memberi kepastian adanya pasokan pangan bagi masyarakat. Di sejumlah negara maju hingga negara Timur Tengah, pemerintahnya telah menyiapkan rencana stok pangan untuk dua hingga tiga bulan ke depan.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag akui Indonesia tidak punya rencana stok pangan