Meseum Balla Lompoa terapkan barcode

id Disparbud Gowa, Museum Balla Lompoa Gowa

Meseum Balla Lompoa terapkan barcode

Ilustrasi, informasi terkait koleksi Museum Balla Lompoa Gowa yang bisa diakses melalui scan barcode pada 55 koleksi Museum Balla Lompoa mulai akhir tahun ini. ANTARA Foto/HO-Pemkab Gowa

Makassar (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menyiapkan sistem barcode pada sejumlah koleksi yang ada di Museum Balla Lompoa guna memberikan kemudahan kepada pengunjung dalam mengakses informasi pada koleksi-koleksi tersebut.

Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Gowa, Ikbal Thiro mengatakan sebagai tahap awal, dari 450 koleksi yang ada, sebanyak 55 item koleksi telah terpasang sistem barcode.

"Pengunjung yang menggunakan sistem barcode ini akan segara mendapatkan informasi melalui smartphone masing-masing. Ini bagian upaya kami mengikuti perkembangan digital yang ada sekarang ini," ucapnya, Selasa.

Apalagi, kata dia, ini lebih efisien, jadi pengunjung yang menggunakan sistem barcode atau scan ke koleksi yang memiliki tanda barcode langsung memperoleh informasi jelas dan detail tentang koleksi itu.

Dalam penggunaan sistem barcode ini, Disparbud Gowa menggandeng Mitologi Bumi Sulawesi (MBS) sebagai pihak yang menyiapkan sistemnya. 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024