Ini kiat masuk PTN pada SNPMB 2023

id SNPMB 2023,Universitas Jember,mahasiswa baru,unej,PTN

Ini kiat masuk PTN pada SNPMB 2023

Wakil Koordinator Kehumasan Unej Rokhmad Hidayanto memberikan paparan di depan siswa Kota Surabaya yang menghadiri ajang Campus Expo MGBK)Surabaya di gedung DBL Arena Surabaya, Kamis (12/1/2023) (ANTARA/HO-Humas Unej)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Jember memaparkan sejumlah tips peluang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 karena penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur prestasi sudah dimulai.

"Pendaftaran akun Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 untuk sekolah dan siswa sudah dimulai, sehingga sekolah dan siswa diimbau segera membuat akun tanpa harus menunggu menit-menit akhir," kata Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember Rokhmad Hidayanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Jumat.

Tips yang kedua, siswa calon peserta SNBP 2023 harus memperluas wawasan dan memperbanyak informasi mengenai berbagai program studi di PTN agar siswa tidak lagi berkumpul memilih program studi tertentu.

"Jika pilihan siswa hanya tertuju pada program studi tertentu saja, maka seperti yang terjadi selama ini dipastikan akan banyak siswa yang gugur dalam seleksi mengingat kompetisi yang sangat ketat," tuturnya.

Menurut dia, program studi lain juga tak kalah mentereng dan memiliki masa depan cerah, apabila mahasiswa mendalami secara sungguh-sungguh serta melengkapi diri dengan berbagai keterampilan lunak.

Berdasarkan pengamatan di Unej, setiap tahun pilihan program studi selalu berkumpul di program studi itu-itu saja, seperti kelompok Saintek pilihan utamanya di program studi rumpun kesehatan, sedangkan kelompok soshum maka kebanyakan siswa akan memilih Program Studi Manajemen.

"Padahal masih banyak pilihan program studi lainnya. Oleh karena itu ayo buka wawasan dan cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai keistimewaan masing-masing program studi," katanya.

Data Unej pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2022 tercatat di kelompok saintek, animo terbanyak diperoleh Program Studi Farmasi dengan pendaftar sebanyak 1.408 orang, namun kuota yang diterima 48 orang.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024