Indonesia bangga miliki presiden peduli kebudayaan, ungkap Butet

id butet kartaredjasa,butet,seniman butet,jokowi,joko widodo,presiden jokowi,soekarno,bung karno

Indonesia bangga miliki presiden peduli kebudayaan, ungkap Butet

Seniman serba bisa Butet Kartaredjasa (dua dari kiri), bersama Pemilik Semarang Gallery Chris Dharmawan (tengah), dan sejumlah seniman, saat pembukaan pameran lukisan bertajuk "Seni Agawe Santosa", di Semarang Gallery, Semarang, Kamis (23/2/2023). (ANTARA/Zuhdiar Laeis)

Semarang (ANTARA) - Butet Kartaredjasa menyebut bangsa Indonesia langka memiliki presiden atau kepala negara yang peduli terhadap kebudayaan, seperti Soekarno dan Joko Widodo.

"Kepala negara kita yang pertama, Bung Karno. Itu jelas terbukti orang yang peduli kebudayaan, beliau kolektor lukisan," kata Butet, di Semarang, Kamis malam.

Hal tersebut disampaikan Butet, dalam sambutannya pada pembukaan pameran lukisan bertajuk "Seni Agawe Santosa" di Semarang Gallery, Semarang.

"Kedua. Yang hari ini peduli pada kebudayaan, namanya Jokowi. Dia mengatakan kebudayaan adalah genetika bangsa ini. Riil dia mengatakan seperti itu," ujarnya.

Menurut dia, pemimpin yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kebudayaan sangat penting karena budaya sebagai asas dan akar pertumbuhan bangsa ke depan.

"Langka kita bisa punya pemimpin seperti itu. Itu sebabnya, saya sangat mengapresiasi ketika sendi-sendi kehidupan berbangsa ini, elemen apapun memberikan dukungan penuh," katanya.

Melalui seni dan budaya, Butet juga berharap bisa membawa suasana yang tenteram dan damai meski sebentar lagi bangsa Indonesia akan merayakan pesta demokrasi.

"Saya yakin seni juga mempunyai kekuatan yang menyejukkan dalam situasi kehidupan kita," pungkas putra koreografer dan pelukis Indonesia Bagong Kussudiardjo tersebut.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Butet: Indonesia langka punya presiden peduli kebudayaan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024