Tingkatkan literasi anak, Merdeka Belajar Episode 23

id literasi anak,merdeka belajar,buku bacaan,bacaan bermutu ,gemar membaca,fkip ump,kemendikbudristek

Tingkatkan literasi anak, Merdeka Belajar Episode 23

Ilustrasi: Sejumlah siswa SD tengah asik membaca buku bacaan yang dipinjam dari mobil perpustakaan keliling yang tersedia di Pendopo Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat pencanangan gerakan wajib membaca 30 menit, Selasa (21/3/2023). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif

Purwokerto (ANTARA) - Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Tegar Roli Anugrafianto optimistis kebijakan Merdeka Belajar Episode 23 Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dapat meningkatkan literasi anak-anak Indonesia.

"Terobosan Merdeka Belajar Episode 23 merupakan jawaban atas tantangan rendahnya kemampuan literasi anak-anak Indonesia, akibat rendahnya kebiasaan membaca sejak dini," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Bahkan berdasarkan hasil asesmen nasional tahun 2021, kata dia, satu dari dua peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) belum mencapai kompetensi minimum literasi.

Dengan demikian, lanjut dia, Indonesia saat ini sedang mengalami darurat literasi karena skor literasi anak-anak masih rendah dan belum meningkat secara signifikan.

Ia menilai kebijakan Merdeka Belajar Episode 23 yang mengusung tema Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia merupakan langkah tepat Kemendikbudristek.

"Itu karena berdasarkan kajian Kemendikbudristek, penyebab rendahnya kebiasaan membaca adalah masih kurangnya atau belum tersedianya buku bacaan yang menarik minat peserta didik," kata Direktur Penerbit Amerta Media itu.

Dosen FKIP UMP lainnya Yudha Febrianta mengatakan program tersebut tidak akan sukses jika guru-gurunya tidak termotivasi untuk membacakan buku kepada siswa dan mendorong anak-anak untuk membaca buku.

Dengan adanya bantuan buku itu, kata dia, para peserta didik menjadi lebih termotivasi untuk membaca karena buku yang hadir menyenangkan, baik dari sampul, judul, gambar, maupun ceritanya.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Akademisi optimis Merdeka Belajar Episode 23 dongkrak literasi anak