Presiden tak ikut atur pembentukan koalisi besar

id Eddy Soeparno,Sekretaris Jenderal PAN,Koalisi besar,Orkestrasi Jokowi

Presiden tak ikut atur pembentukan koalisi besar

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno memberi keterangan kepada wartawan di Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Sabtu (8/4/2023). ANTARA/Putu Indah Savitri

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan bahwa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tidak turut mengatur pembentukan koalisi besar.

“Tidak ada mengatur-atur, tidak ada. Partai-partai politik, dalam hal ini ketua-ketua umum parpol memiliki independensi untuk bisa menentukan arah perjuangan partainya ke depan,” kata Eddy Soeparno kepada wartawan di Kertanegara 4, Jakarta Selatan, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa Joko Widodo merupakan pembina partai politik untuk seluruh partai politik di Indonesia. Dalam hal ini, tutur Eddy, Jokowi hanya menghendaki pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) dan pemilihan presiden (pilpres) dengan suasana damai, lancar, dan tidak ada gejolak yang membahayakan, terutama dari aspek perekonomian.

“Itu saja 'guidelines'-nya,” ucap Eddy.

Terkait dengan koalisi besar yang bertujuan untuk membentuk dua poros dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Eddy menyatakan bahwa sampai saat ini belum dapat disimpulkan demikian karena masih dalam tahapan awal.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PAN sebut Jokowi tidak turut mengatur pembentukan koalisi besar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024