Separuh warga lajang di Jepang emoh miliki anak

id Kelahiran di Jepang

Separuh warga lajang di Jepang emoh miliki anak

Arsip - Pengunjung antre untuk berfoto dengan patung anime superhero anak "Anpanman" di Museum Anak Anpanman, Yokohama. (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Osaka (ANTARA) - Sekitar separuh dari jumlah lajang berusia di bawah 30 tahun di Jepang tidak tertarik untuk memiliki anak, menurut survei yang dilakukan baru-baru ini oleh perusahaan farmasi Rohto Pharmaceutical Co.

Para responden dalam survei itu mengaku enggan memiliki anak karena masalah ekonomi, beban melahirkan, dan tugas mengasuh anak.

Dari 400 responden yang berusia 18--29 tahun, 49,4 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka tidak ingin mempunyai anak. Persentase tersebut tertinggi dari tiga survei tahunan yang telah dilakukan oleh Rohto.

Berdasarkan gender, ditemukan bahwa 53,0 persen pria dan 45,6 persen perempuan tidak tertarik untuk menjadi orang tua, dengan alasan tingginya biaya dan khawatir dengan masa depan Jepang, kata perusahaan yang berbasis di Osaka itu pada akhir Maret.

Hasil survei daring yang dilakukan pada Januari itu muncul setelah data pemerintah menunjukkan bahwa jumlah bayi yang lahir di Jepang turun pada tahun lalu menjadi di bawah 800.000 kelahiran. Angka tersebut merupakan yang terendah sejak pencatatan kelahiran bayi dimulai pada 1899.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei: Hampir separuh warga lajang di Jepang tak ingin punya anak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024