Pesta Hadrat semarakkan takbiran 1444 hijriah

id Malam takbiran, Ambon, hadrat, Hatukau, batu merah, Maluku, idul Fitri 1444 hijriah, Kota Ambon, takbiran di Maluku

Pesta Hadrat semarakkan takbiran 1444 hijriah

Ratusan pemuda Hatukau saat menggelar hadrat di depan masjid agung An-nur Kota Ambon (Antara/DedyAzis)

Ambon (ANTARA) - Ratusan pemuda Hatukau Ambon, Maluku menggelar pesta hadrat untuk menyemarakkan malam takbiran 1444 hijriah di kota itu.

"Setahun sekali yang penting kami tonjolkan kreatifitas," ujar salah satu pemuda Imran di Ambon, Jumat.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan pemuda Hatukau itu membentuk sebuah barisan di jalan protokol Kota Ambon yakni jalan Jenderal Soedirman sepanjang 50 meter.

Mereka tampil seragam dengan kaos putih bertuliskan Hatukau pada bagian punggungnya sebagai identitas para pemuda tersebut.

Tak lupa ratusan pemuda itu juga membawa tim penabuh rebana serta sound sistem untuk menyanyikan syair-syair qasidah sambil berjalan menuju arah masjid agung An-Nur Ambon.

Dengan cahaya ponselnya masing-masing, mereka mengikuti irama tabuhan rebana dan lagu qasidah yang dibawakan.

Ponsel digerakkan ke kanan dan ke kiri membuat malam takbiran mereka tahun ini semakin meriah.

Sementara itu Kepolisian Daerah (Polda) Maluku telah mengerahkan sebanyak 4.923 personel gabungan TNI Polri, dan instansi terkait lainnya untuk melakukan pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Larif mengatakan pelaksanaan operasi ketupat disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing. Karakteristik wilayah Maluku adalah kepulauan, sehingga yang menjadi konsen dan fokus pengamanan yakni pada pelabuhan dan alat-alat angkut lainnya baik udara maupun kapal.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024