Bupati Sleman: Hari Otda momentum wujudkan pemerintahan baik

id Hari Otda Sleman ,Hari Kartini Sleman ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Bupati Sleman: Hari Otda momentum wujudkan pemerintahan baik

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kartini ke-144 dan Hari Otonomi Daerah ke-27 di Lapangan Pemda Sleman, Yogyakarta, Jumat (28/4/2023). (ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman)

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo mengatakan peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) menjadi kesempatan untuk merefleksikan kembali komitmen bersama guna mewujudkan pemerintah daerah yang baik, bersih, transparan, dan akuntabel.

"Dengan adanya otonomi daerah, transparansi dan partisipasi publik menjadi dasar dan tolok ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan; sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat," kata Kustini saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kartini ke-144 dan Hari Otda ke-27 di Lapangan Pemda Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Dalam Hari Otda ke-27, yang mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul", Kustini mengajak seluruh elemen di Pemda Sleman untuk menggali potensi daerah dalam memacu percepatan pembangunan.

Sementara terkait peringatan Hari Kartini, dia berharap kesempatan semakin terbuka bagi perempuan untuk berdaya dan mengambil peran yang sama dengan laki-laki, baik dalam keluarga, masyarakat, sosial, dan negara.

Kustini mengatakan Pemkab Sleman terus memberikan dukungan untuk meningkatkan peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan. Hal itu ditunjukkan dengan angka Indeks Pembangunan Gender Tahun 2022 sebesar 96,36 poin.

"Perempuan memiliki peran strategis dalam menyukseskan pembangunan. Perlu diingat bahwa setiap arah pembangunan sangat membutuhkan peran dan kontribusi perempuan, contohnya adalah penurunan prevalensi stunting, pencegahan kekerasan jalanan, dan pemberdayaan keluarga," ujarnya.

Dalam suasana peringatan Hari Kartini, Kustini juga menerima buku "Deru Kartini Sleman 2023" karya Athiful Khoiri.

Usai upacara, Kustini dengan didampingi Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Harda Kiswaya menyerahkan Penghargaan Penilaian Kinerja Perangkat Daerah Tahun 2022.

Terdapat tiga perangkat daerah yang memperoleh nilai terbaik, yakni Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan; Dinas Pertanahan dan Tata Ruang; dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024