Pemerintah jangkau tujuh daerah untuk Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024

id Jalur rempah,Kebudayaan

Pemerintah jangkau tujuh daerah untuk Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Muhibah Budaya Jalur Rempah di Jakarta, Selasa (30/4/2024). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menjangkau tujuh daerah di Indonesia dalam perayaan Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 yang dimulai dari Jakarta pada 5 Juni 2024 dan kembali ke Jakarta pada 17 Juli 2024 bersama TNI Angkatan Laut menggunakan KRI Dewa Ruci.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Irini Dewi Wanti mengatakan pelayaran ini akan melewati titik-titik yang mengandung sejarah perdagangan dan budaya penting terkait simbol keterhubungan daerah serta konektivitas sejarah melalui jalur rempah.

“Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) dapat menjadi wahana untuk mengaktifkan kembali Jalur Rempah, menghubungkan titik perdagangan rempah, dan mempererat ikatan budaya antarwilayah,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Pelayaran akan menyusuri tujuh titik Jalur Rempah yaitu Jakarta, Belitung Timur, Dumai, Sabang, Melaka di Malaysia, Tanjung Uban, Lampung, dan berakhir di Jakarta.



Rangkaian kegiatan telah diawali dengan tahap pendaftaran peserta secara daring pada 22 Maret sampai dengan 5 April 2024 dan mendapat 75 peserta terpilih dengan rentang umur 18 sampai 40 tahun.

Selain itu, pelayaran ini juga menjaring 75 peserta undangan yang terdiri atas pewarta, fotografer, pegiat film, penggerak komunitas, dan peneliti yang dipilih oleh tim Kemendikbudristek.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbud jangkau tujuh daerah untuk Muhibah Budaya Jalur Rempah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024