Melalui PTSL, 91,3 juta bidang tanah di Indonesia bersertifikat

id Menteri ATR,BPN,AHY,PTSL,sertifikat tanah

Melalui PTSL, 91,3 juta bidang tanah di Indonesia bersertifikat

Presiden Joko Widodo (dua kiri), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (dua kanan), memberi keterangan terkait Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Provinsi Jawa Timur di Banyuwangi, Selasa (30/4/2024). ANTARA/Harianto

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan sebanyak 91,3 juta bidang tanah telah bersertifikat melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Terkait Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL saat ini yang sudah bersertifikat sebanyak 91,3 juta bidang tanah,” kata AHY saat memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Provinsi Jawa Timur di Banyuwangi, Selasa.

Menteri ATR menyebutkan bahwa Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Pada tahun 2024, ditargetkan sebanyak 120 juta bidang tanah terdaftar. Hal itu, kata AHY, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari jumlah target tersebut, saat ini Kementerian ATR/BPN telah berhasil mendaftarkan sebanyak 112 juta bidang tanah atau sekitar 93,3 persen dari yang ditargetkan. Sedangkan yang sudah bersertifikat mencapai mencapai 91,3 juta bidang tanah.

“Terhadap sisa pendaftaran tanah sebanyak 8 juta bidang, akan kami akselerasi realisasinya hingga akhir tahun 2024,” ujar Menteri ATR.

Menteri ATR juga menyampaikan terkait implementasi sertifikat tanah elektronik yang dilakukan secara masif. Hingga saat ini, lanjut AHY mengatakan, telah diterbitkan sebanyak 38.194 sertifikat tanah elektronik dan 39.648 buku tanah elektronik.

 

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri ATR: 91,3 juta bidang tanah telah bersertifikat lewat PTSL
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024