Sikapi politik identitas, masyarakat sudah cerdas

id Politik Identitas, DPR

Sikapi politik identitas, masyarakat sudah cerdas

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka. ANTARA/Linna Susanti

Kota Bogor (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka menilai masyarakat sudah cerdas memandang dan menyikapi potensi politik identitas di tengah pertarungan politik menjelang Pemilu 2024.

Sebagai anggota DPR, Diah optimistis berbagai peristiwa yang mungkin terjadi di saat tahun politik, masyarakat sudah tidak mudah terpancing menjadi politik identitas yang mengarah negatif.

"Politik identitas, saya rasa orang sudah punya kesadaran itu. Dahulu itu 'kan kata politik identitas itu tidak dibicarakan seperti sekarang. Akan tetapi, tentang bagaimana identitas orang atau kelompok orang itu digunakan untuk politik, orang mulai menyadari," kata Diah saat dikonfirmasi dari Kota Bogor, Kamis.

Diah berpandangan bahwa politik identitas sebetulnya merupakan salah satu dinamika yang telah disadari oleh masyarakat sejak beberapa tahun belakangan ini.

Ia pun berpendapat bahwa masyarakat kian mudah mengakses internet dapat membaca dan menggali informasi yang berkembang dengan cepat.

Politik identitas berpotensi digunakan dalam pertarungan politik elektoral. Oleh karena itu, kata Diah, kesadaran masyarakat juga perlu diimbangi dengan pendidikan politik.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DPR nilai masyarakat sudah cerdas menyikapi politik identitas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024