Sleman gelar khotmil Quran sambut peringatan HUT 107

id Wabup Sleman ,HUT 107 Sleman ,Khotmil Quran Sleman ,Kabupaten Sleman ,Sleman

Sleman gelar khotmil Quran sambut peringatan HUT 107

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa saat membuka khotmil Quran dalam rangka menyambut HUT ke 107 Kabupaten Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Jumat (12/5/2023). FOTO ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman, DIY (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar acara khotmil Quran atau mengkhatamkan Al Quran dalam rangka menyambut peringatan hari jadi ke-107 Kabupaten Sleman yang jatuh pada 15 Mei 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman pada Jumat (12/5) itu dibuka oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa.

Dengan bersama-sama mengkhatamkan Al Qur’an, Danang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memohon petunjuk Allah SWT agar kegiatan hari jadi Kabupaten Sleman selalu diberikan kelancaran.

"Melalui kegiatan ini pula, diharapkan agar kita senantiasa berada dijalan yang lurus dalam melaksanakan ketugasan dan kewajiban kita masing-masing yang untuk memajukan dan mensejahterkan masyarakat Sleman," katanya.

Menurut dia, khotmil Quran menjadi salah satu kegiatan Hari Jadi Sleman sangat tepat karena salah satu fungsi Al Quran adalah sebagai Al Huda yang artinya petunjuk.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Sigit Herutomo mengatakan kegiatan ini melibatkan sebanyak 107 hafidz dan hafidzah atau penghafal Al Quran dari Kabupaten Sleman.

"Jumlah tersebut sesuai dengan usia hari jadi Kabupaten Sleman tahun ini," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan khotmil Quran ini merupakan puncak doa syukur dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Sleman. Sebelumnya juga telah diadakan doa syukur dari berbagai agama diantaranya doa syukur umat Kristiani pada 31 Maret di gedung serbaguna Sleman, doa syukur umat Islam pada malam Nuzulul Quran 4 April 2023 di masjid agung Sleman.

"Kemudian doa syukur umat Hindu pada 10 Mei 2023 di Pura Sri Gading Seyegan dan doa syukur umat Budha pada 10 Mei 2023 di Vihara Karangdjati Mlati," demikian Sigit Herutomo.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024