Anak wajib diajari membaca label makanan kemasan

id Pino,Label kemasan,Tips kesehatan

Anak wajib diajari membaca label makanan kemasan

Ilustrasi orang tua edukasi anak membaca label makanan kemasan (ANTARA/HO)

Jakara (ANTARA) - Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dan Ahli Nutrisi Widya Fadila menjelaskan bahwa masyarakat terutama anak perlu mengetahui cara membaca label pada makanan kemasan.

“Masyarakat harus terus menjalankan protokol kesehatan dan menjadi konsumen cerdas dalam memilih pangan aman. Sehingga penting mengajarkan cara sederhana pada anak untuk memilih jenis jajanan yang aman sesuai himbauan BPOM yaitu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar & Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi pangan olahan,” ujar Widya Fadila, dalam siaran resmi, Minggu.

Berikut empat tahap sederhana mengajarkan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar & Kedaluwarsa) jajanan pada anak:

1. Kemasan

Ajarkan pada anak cara melihat dan memilih kemasan pada makanan kemasan. Misalnya dengan mengajarkan anak memilih kemasan kaleng yang tidak penyok atau bolong.


2. Label

Kenalkan anak dengan arti label yang tertera pada makanan kemasan. Bisa mulai dari logo BPOM, informasi penting terkait kandungan makanan yang sensitif seperti kandungan alergen.

3. Izin edar

Berikan pemahaman kepada anak bahwa di Indonesia penjualan makanan kemasan memiliki ijin edar yang dikeluarkan oleh BPOM, yang mana artinya panganan tersebut telah secara legal dapat diedarkan di masyarakat luas.

4. Kedaluwarsa

Ajarkan anak mencari dan membaca tulisan “EXP / BEST BEFORE”. Lazimnya penulisan dd/mm/yyyy , tanggal bulan dan tahun. Namun, beberapa juga menggunakan bulan dan tahun saja. Berikan pemahaman pentingnya melakukan pengecekan terhadap tanggal kedaluwarsa dan dampaknya jika mengkonsumsi panganan yang sudah kedaluwarsa.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahli ingatkan pentingnya ajarkan anak membaca label makanan kemasan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024