"Petualangan Sherina" di mata Riri Riza dan Mira Lesmana

id Petualangan Sherina,film Petualangan Sherina,Petualangan Sherina 2,riri riza,mira lesmana

"Petualangan Sherina" di mata Riri Riza dan Mira Lesmana

Sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesamana bersama para pemain dan tim produksi saat acara perayaan 23 tahun film "Petualangan Sherina" di XXI Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (14/06/2023). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesamana mengenang kembali awal mula pembuatan film "Petualangan Sherina" pada 23 tahun lalu yang akhirnya berhasil menjadi film musikal yang fenomenal di Indonesia.

"Film ini bukan hanya jadi film pertama yang berhasil secara box office waktu itu, tapi intinya jadi film yang kemudian bikin saya yakin bahwa kita bisa bikin film di Indonesia," kenang Riri saat perayaan 23 tahun "Petualangan Sherina" di Jakarta, Rabu.

Setelah membuat film independen "Kuldesak" pada 1998, Mira bercerita dia bersama Riri memiliki keinginan untuk membuat film yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat, terutama film anak-anak.

Suatu ketika, Triawan Munaf, ayah dari Sherina Munaf, meminta Mira untuk mendengarkan demo musik dan membuatkan video klip dari lagu yang dibawakan Sherina. Setelah menyimak demo tersebut, Mira pun sudah mencium bakat yang dimiliki Sherina bahwa karya tersebut akan menjadi sesuatu yang besar.

"Waktu dia (Triawan) telepon saya itu, saya sedang menuju ke bandara karena mau ke Prancis sama Riri. Ternyata pas saya kembali, saya dengerin, 'Ini maksudnya (lagunya) cuma gitu-gitu aja gimana ya, mas? Ini serius banget, Ini bagus banget'," cerita Mira.



Mira dan Riri sepakat untuk mengerjakan proyek video klip tiga lagu Sherina yaitu "Andai Aku Besar Nanti", "Pelangiku", dan "Kembali ke Sekolah". Setelah itu, keduanya mulai merencanakan pembuatan film musikal yang dibintangi Sherina.

Menurut Mira, saat itu banyak pihak di industri film yang meragukan prospek bisnis untuk film anak-anak. Namun duo produser dan sutradara itu tetap bertekad untuk mengerjakan film anak-anak, berbekal rasa percaya terhadap potensi bakat para pemain dan tim yang terlibat.

"Tapi, ya, kami nekad. Kami percaya dengan bakat-bakat yang ada, dengan semangat kami," ujar dia.

Kini dua puluh tiga tahun setelah "Petualangan Sherina" dirilis, Mira dan Riri melalui Miles Films kembali menghadirkan beberapa wajah lama dari film tersebut melalui proyek sekuelnya terutama Sherina dan Derby Romero sebagai pemeran utama.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Riri Riza dan Mira Lesmana kenang "Petualangan Sherina" 23 tahun lalu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024