KPU dan Kemendagri diminta sinkronkan DPT Pemilu 2024

id Bawaslu ,Muhaimin Iskandar,Kemendagri,DPT,Pemilu 2024

KPU dan Kemendagri diminta sinkronkan DPT Pemilu 2024

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. ANTARA/Fath Putra Mulya/am.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta KPU RI untuk berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catat Sipil (Dukcapil) Kemendagri guna mensinkronisasikan daftar pemilu tetap (DPT) dengan data penduduk demi menyelamatkan hak suara jutaan pemilih baru.

"Mumpung masih ada waktu, saya kira semua pemangku kepentingan terkait seperti KPU dan juga Kemendagri perlu duduk bersama, koordinasi dan mencari solusi untuk 4 juta DPT itu," kata Cak Imin, sapaan karib Muhaimin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dia meminta pemerintah untuk segera menindaklanjuti temuan Bawaslu RI terkait 4 juta DPT yang belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e) agar dapat ikut berpartisipasi dalam pemilu.

"Saya minta pemerintah segera menindaklanjuti temuan Bawaslu, 4 juta DPT ini tanpa KTP-e ini bukan data sedikit, jadi betul-betul cermat diatasi," ujarnya.

Selain itu, Cak Imin meminta KPU untuk mengantisipasi penambahan atau pengurangan data pemilih, mengingat data yang disebutkan oleh Kemendagri bersifat dinamis serta masih adanya waktu hingga dua tahun ke depan.

Terakhir, ia mengingatkan setiap penyelenggara pemilu untuk memaknai banyaknya masyarakat yang akan berpartisipasi menjadi pemilih sebagai momentum untuk meningkatkan penggunaan hak suara dalam pemilu mendatang.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cak Imin minta KPU koordinasi dengan Kemendagri sinkronkan DPT
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024