Polres Kulon Progo bersih-bersih di Pantai Glagah-Trisik

id Gerakan peduli lingkungan,Kulon Progo,Polres Kulon Progo

Polres Kulon Progo bersih-bersih di Pantai Glagah-Trisik

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati ikut membersihkan pantai di Kulon Progo, DIY, Kamis (13/7/2023) (FOTO ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo, DIY (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan pantai dari sampah di sepanjang Pantai Glagah, dan Trisik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan laut

Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Polres Kulon Progo terhadap lingkungan, salah satunya di kawasan wisata pantai.

"Gerakan bersih pantai ini harus terus dilakukan oleh berbagai pihak. Selain untuk mengurangi masuknya sampah ke lautan, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan laut," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini menggandeng TNI, Tokoh masyarakat, generasi milenial (gen z), kelompok sadar wisata (Pokdarwis), komunitas peduli wisata, pelaku usaha hingga pengunjung, ratusan personel Polri dan partisipan ini gotong-royong menyisir pinggiran pantai untuk membersihkan sampah.

Kegiatan ini harapannya, pantainya bersih dan sehat, nantinya jadi banyak pengunjung wisata datang, selain bisa mengangkat Wisata Kulon Progo juga bisa menambah pundi-pundi rupiah untuk warga pelaku usaha pariwisata.

"Ke depan, semoga gerakan bersih-bersih ini bisa dilakukan secara rutin, sehingga ekonomi masyarakat di kawasan pantai di Kulon Progo berkembang," katanya.

Kabagops Kompol Budi Kustanto bersama anggota dan partisipan yang menyisir Pantai Trisik menyampaikan mengatakan laut berkontribusi cukup besar terhadap kehidupan masyarakat pesisir maka perlunya menjaga kebersihan dan keseimbangan ekosistem laut untuk keberlangsungan hidup.

“Nantinya sampah yang sudah terkumpul kemudian kita pilah dan kelola sesuai prosedur yang sekiranya tidak mencemari lingkungan, diharapkan kegiatan ini dapat menciptakan lingkungan yang bersih sehingga pengunjung/wisatawan dapat nyaman dalam berlibur," katanya.

Kegiatan membersihkan sampah seretak bersama Polri ini dilakukan juga di pusat-pusat kegiatan masyarakat di antaranya Pasar Wates, Pasar Kenteng Nanggulan, Sub Terminal Bendungan, Pasar Samigaluh, Pasar Hewan Terpadu Pengasih, Terminal Ngeplang Sentolo dan Waduk Sermo Kokap.

Kasi Humas Polres Kulon Progo Iptu Triatmi Noviartuti berharap semua elemen dan instansi terkait dapat mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan juga mengurangi pemakaian plastik sekali pakai agar tidak berdampak pada kerusakan lingkungan.

"Mudah-mudahan ke depan, kondisi pantai dan fasilitas umum lainnya di Kulon Progo ini dapat terus terjaga kebersihannya dari sampah baik organik maupun non organik dan tentunya hal itu juga harus ada kepedulian dari masyarakat dan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya.