Polres Kulon Progo melaksanakan penanaman pohon serentak di 12 polsek

id Penanaman pohon,Polres Kulon Progo,Kulon Progo,HUT Ke-78 Kemerdekaan RI

Polres Kulon Progo melaksanakan penanaman pohon serentak di 12 polsek

Wakapolres Kulon Progo Kompol Riko Sanjaya menanam pohon di kawasan Kantor Polres Kulon Progo. (ANTARA/HO-Humas Polres Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Kepolisian Resor Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melaksanakan bakti sosial penanaman pohon secara serentak di 12 kepolisian sektor dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia.

Wakapolres Kulon Progo Kompol Riko Sanjaya di Kulon Progo, Jumat, mengatakan bakti sosial serentak ini merupakan program Kapolri dalam rangkaian HUT Kemerdekaan Ke-78 RI yang dilaksanakan seluruh kepolisian daerah (polda), kepolisian resor (polres) dan kepolisian sektor (polsek) secara serentak dilaksanakan pada Jumat.

"Polres Kulon Progo menyiapkan bibit pohon yang ditanam sebanyak 465 pohon yang terdiri dari Kimeng (beringin), dan sirsak," kata Riko Sanjaya.

Ia mengatakan penanaman pohon dibagi menjadi 2 tahapan. Tahap pertama serentak secara nasional dilaksanakan pada hari ini di lingkungan Kantor Polres Kulon Progo dan polsek.

Tahap kedua direncanakan dilaksanakan pada 23 Agustus 2023 dengan sasaran wilayah yang membutuhkan reboisasi di Kulon Progo.

"Kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Kulon Progo untuk menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Riko mengatakan kegiatan penanaman pohon ini juga merupakan upaya Polri dalam mencegah terjadinya bencana alam serta mengurangi polusi udara. Sehingga memberikan efek positif bagi masyarakat dan lingkungan hidup lainnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat membangun kesadaran dari masyarakat dan khususnya personel Polres Kulon Progo untuk menanam pohon dan merawatnya, sehingga sirkulasi udara di sekitar kantor polres akan menjadi lebih bersih dan segar.

"Kami berharap penghijauan ini juga memberi efek positif bagi personel yang berdinas di Polres Kulon Progo dan polsek jajaran," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Sentolo AKP Julianta Kusnadi menyampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian Polri dalam menjaga dan melestarikan alam, khususnya di Polsek Sentolo yang terletak tepat di pinggir jalan nasional, tentunya akan membawa dampak yang baik bagi kualitas sirkulasi udara, mampu menyaring polusi udara dari padatnya lalu lintas di jalan nasional.

"Kalau kualitas udaranya baik, tentunya akan membawa dampak yang baik untuk kesehatan kita (personel polsek dan masyarakat yang datang ke Polsek), menjadi tugas personel polsek untuk merawat pohonnya, agar tumbuh rimbun dan menghasilkan manfaat," kata Julianta.