AMMTC perkuat kerja sama hapus TPPO

id AMMTC Ke-17,AMMTC ASEAN,AMMTC Labuan Bajo,Kapolri Listyo Sigit,Jenderal Listyo Sigit,TPPO di ASEAN,TPPO di Indonesia

AMMTC perkuat kerja sama hapus TPPO

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (enam kiri) berfoto bersama delegasi ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di atas Kapal Pinisi Lako Sae saat mereka berlayar mengelilingi pulau-pulau sekitar Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu (20/8/2023). ANTARA/HO-Humas Polri.

Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan pertemuan ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, merupakan momentum memperkuat kerja sama menghapus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di kawasan.

Listyo Sigit menjelaskan Polri menempuh berbagai cara, termasuk memperkuat kemitraan dengan negara-negara di kawasan, untuk memberantas kejahatan lintas batas (transnational crime), termasuk di antaranya TPPO yang saat ini menjadi perhatian khusus Presiden RI Joko Widodo.

“Beberapa waktu yang lalu Pak Presiden menyampaikan masalah TPPO dan itu sudah kami tindak lanjuti dengan melakukan berbagai macam kegiatan penegakan hukum dan sampai hari ini terus berlangsung yang sampai hari ini sudah berjumlah hampir 900 tersangka yang kami amankan,” kata Kapolri pada sela-sela kegiatannya memimpin rangkaian AMMTC di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu.

Dalam siaran resmi Humas Polri yang diterima di Jakarta, Kapolri menjelaskan AMMTC Ke-17 juga menindaklanjuti semangat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42 yang juga diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada 10–11 Mei 2023.

“Bapak Presiden sebagai keketuaan (ASEAN) dan kebetulan di AMMTC ini Polri juga mendapatkan keketuaan yang sama dan ini 10 tahun sekali untuk mendapatkan keketuaan," kata Kapolri yang nantinya memimpin sesi sidang utama AMMTC di Labuan Bajo.

Oleh karena itu, Kapolri menyampaikan AMMTC Ke-17 bakal menghasilkan deklarasi yang bersejarah. “Saya kira di kerja sama yang akan kita rumuskan nanti tentunya akan menjadi deklarasi yang bersejarah khususnya karena kita buat di Labuan Bajo salah satu tempat yang saat ini menjadi wisata super prioritas,” kata Listyo Sigit.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kapolri: AMMTC momentum perkuat kerja sama hapus TPPO di kawasan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024