Menlu Retno: ASEAN harus siap ambil keputusan yang berani

id ASEAN,KTT ASEAN,KTT ke-43 ASEAN,Retno Marsudi

Menlu Retno: ASEAN harus siap ambil keputusan yang berani

Pembukaan Pertemuan ke-34 Dewan Koordinasi ASEAN (34th ACC) di Jakarta, Senin (4/9/2023). (ANTARA/Cindy Frishanti)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa ASEAN harus siap mengambil keputusan dan tidak membiarkan perbedaan menghalangi negara-negara anggotanya untuk melangkah maju.

“Kita harus siap mengambil keputusan yang berani dan kita tidak boleh membiarkan perbedaan menghalangi kita untuk maju,” kata Menlu Retno dalam pembukaan Pertemuan ke-34 Dewan Koordinasi ASEAN (34th ACC) di Jakarta, Senin.

Dewan Koordinasi ASEAN (ACC) bertanggung jawab mengawasi pengembangan dan pelaksanaan dokumen seperti yang ditugaskan oleh pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Dokumen tersebut harus meminta masukan dan persetujuan lintas pilar dari tiga Dewan Komunitas ASEAN, yaitu Dewan Masyarakat Politik Keamanan ASEAN (APSC), Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC), dan Dewan Masyarakat Sosial Budaya ASEAN (ASCC) sebelum diserahkan pada pemimpin ASEAN untuk disahkan dalam KTT ASEAN.

KTT ke-43 ASEAN yang diketuai oleh Indonesia mengambil tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Tema tersebut bermakna bahwa Indonesia ingin ASEAN menjadi relevan dan penting serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

 

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menlu: ASEAN harus siap ambil keputusan yang berani
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024