Kemendikbudristek-AL bangkitkan budaya kehidupan bahari masyarakat

id Bahari,Kemendikbudristek,Jalur rempah

Kemendikbudristek-AL bangkitkan budaya kehidupan bahari masyarakat

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan TNI Angkatan Laut mengadakan Lomba Perahu Layar di Manado, Sulawesi Utara, Minggu (24/9/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan TNI Angkatan Laut berupaya membangkitkan budaya masyarakat Manado, Sulawesi Utara, yang sangat erat dengan kehidupan bahari melalui Lomba Perahu Layar.

Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Sulawesi Utara Sri Sugiharta mengatakan Sulawesi Utara secara historis merupakan bagian dari jalur rempah pada masa lalu sehingga sangat bergantung pada perahu layar.

“Lomba Perahu Layar ini salah satunya dapat digunakan sebagai sarana untuk membangkitkan kesadaran sejarah masyarakat sekarang dengan kejayaan nenek moyang,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Walaupun komoditas utama nelayan sekarang bukan rempah-rempah, lanjut Sugiharta, melalui lomba ini diharapkan nelayan dapat melestarikan pengetahuan dan teknologi perahu layar tradisional ini.

Salah satu caranya adalah dengan bersedia mewariskan pengetahuan dan teknologi perahu layar tradisional ini ke anak cucu dan generasi muda lainnya.

Sugiharta menekankan lomba ini menjadi momentum penting untuk menemukenali pengetahuan dan teknologi perkapalan tradisional ke generasi muda dan masyarakat Sulawesi Utara.

Mengangkat isu berkelanjutan, Lomba Perahu Layar diadakan dengan tujuan untuk mendorong para nelayan agar kembali menggunakan layar sebagai alat penggerak kapal.

Kurator Program Muhibah Budaya Jalur Rempah 2023 Adi Wicaksono menuturkan lomba ini berupaya untuk membangkitkan pengetahuan soal kehidupan bahari yang tidak bisa dilepaskan dari jalur rempah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek bangkitkan kehidupan bahari masyarakat Manado
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024