Masyarakat internasional tak peduli Palestina, kritik Uni Eropa

id Konflik Israel Palestina, Konflik Hamas Israel,Uni Eropa,Josep Borrell

Masyarakat internasional tak peduli Palestina, kritik Uni Eropa

Foto arsip - Kepala Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Uni Eropa yang juga Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell menyampaikan pandangannya dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) dengan Uni Eropa di Jakarta, Kamis (13/7/2023). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU

Oviedo (ANTARA) - Perwakilan Tinggi Uni Eropa urusan Hubungan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell, menilai masyarakat internasional telah melupakan masalah Palestina.

“Israel sudah berdamai dengan negara-negara Arab lainnya, tetapi mengabaikan Palestina. Perdamaian juga harus dipupuk antara Palestina dan Israel," kata Borrell dalam wawancara dengan harian Spanyol El Pais yang diterbitkan Sabtu.

"Semoga masalah ini menjadi seruan mendesak bagi komunitas internasional agar berusaha merespons kondisi ini," kata dia.

Diplomat senior Uni Eropa itu menilai tindakan militer Israel memutus pasokan listrik, air, dan bahan bakar untuk penduduk Gaza melanggar hukum internasional.

"Kami telah mengatakannya di Ukraina, dan kami mengatakannya di Gaza: Anda tidak boleh memutus aliran air dan semua fasilitas umum untuk seluruh penduduk," kata Borrell.

"Kita harus terus mengulangi, mendesak dan menegaskan (agar Israel mematuhi hukum internasional)."

Pernyataan Borrell ini disampaikan sehari setelah Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen terbang ke Israel guna bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan menjanjikan dukungan Eropa untuk Israel.

"Kini yang terpenting adalah mengatasi situasi tersebut dan mencegah konflik meluas," sambung Borrell.

Sumber: Anadolu
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Uni Eropa kritik masyarakat internasional karena lupakan Palestina
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024