Menkeu: Mitigasi disiapkan cegah pelemahan rupiah

id rupiah,dolar AS,rupiah melemah,Sri Mulyani ,Menteri Keuangan

Menkeu: Mitigasi disiapkan cegah pelemahan rupiah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (23/10/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyiapkan langkah mitigasi untuk mencegah berlanjutnya pelemahan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada awal pekan ini.

 Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin pagi melemah sebesar 0,06 persen atau 10 poin menjadi Rp15.883 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.873 per dolar AS.

"Kita akan terus menyinkronkan kebijakan moneter dan fiskal agar dalam situasi di mana pemacunya adalah negara seperti AS, dampaknya bisa kita mitigasi dan kita minimalkan baik terhadap nilai tukar, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sistem keuangan," kata Menkeu Sri Mulyani saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Menkeu menjelaskan bahwa pemerintah akan terus melakukan sinkronisasi kebijakan moneter dan fiskal secara intensif atas kondisi perekonomian di Amerika Serikat yang masih cukup kuat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkeu siapkan mitigasi cegah berlanjutnya pelemahan rupiah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024