KPU RI diminta segera rilis informasi peserta Pemilu 2024

id direktur eksekutif perludem,khoirunnisa nur agustyati,pemilu 2024,calon legislatif

KPU RI diminta segera rilis informasi peserta Pemilu 2024

Arsip - Pekerja melipat surat suara pemilihan anggota DPD di Gudang KPU Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019). (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati berharap Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera merilis informasi latar belakang peserta Pemilu 2024 agar memudahkan publik dalam menentukan pilihan.

"Kita memilih tidak hanya presiden, tapi ada (anggota) DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan kota, dan DPD, yang sistem pemilu kita proporsional terbuka. Artinya, kita juga akan memilih caleg secara langsung, sehingga kita harus tahu siapa caleg-caleg," kata Khoirunnisa dalam diskusi daring bertema "Polemik Putusan MK dan Upaya Mendorong Partisipasi Politik Anak Muda", seperti dipantau di Jakarta, Jumat.

Dia menyayangkan keputusan KPU telah merilis Daftar Calon Sementara (DCS) namun tanpa disertai visi dan misi caleg bersangkutan.

"Alasan KPU, nanti tunggu Daftar Calon Tetap (DCT) baru dibuka CV-nya (riwayat hidup)," tambahnya.

Menurut dia, Pemilu Serentak 2024 berbeda dengan Pemilu 2019. Durasi kampanye pada Pemilu 2024 hanya berlangsung selama 75 hari, sedangkan saat Pemilu 2019 lalu kampanye berlangsung hingga tujuh bulan.

Khoirunnisa menyarankan KPU menggunakan format data terbuka mengenai caleg-caleg yang akan bertarung pada Pemilu 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perludem harap KPU segera rilis informasi peserta Pemilu 2024
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024