Polandia mitra penting Indonesia, kata Menkeu

id Polandia,Indonesia,Sri Mulyani

Polandia mitra penting Indonesia, kata Menkeu

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani (tengah), yang diundang oleh Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska (kiri) untuk menghadiri acara Hari Nasional Polandia di Jakarta, Jumat (10/11/2023), memberikan sambutan di atas panggung. (ANTARA/Cindy Frishanti)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani menyampaikan bahwa Polandia merupakan mitra yang sangat penting untuk Indonesia.

Dia juga memuji Polandia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa dan tingkat pengangguran yang rendah, yaitu hanya 2,9 persen, menambahkan Polandia memainkan peran penting dalam lanskap ekonomi Uni Eropa.

“Saat ini, Polandia berperan sebagai kekuatan dinamis di Uni Eropa sebagai negara dengan perekonomian terbesar keenam dengan pertumbuhan luar biasa dan tingkat pengangguran yang sangat rendah, hanya 2,9 persen,” kata Sri Mulyani dalam acara Hari Nasional Polandia di Jakarta, Jumat.

“Saya yakin banyak rekan Eropa Anda yang iri pada Anda (Polandia),” tambah Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga menyebutkan bahwa perdagangan bilateral Indonesia-Polandia pada tahun 2022 meningkat 60,7 persen dibandingkan pada tahun 2021.

Menteri Keuangan tersebut mengatakan bahwa investasi Polandia di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 324 proyek sejak tahun 2019.

“Pada tahun 2023 saja, realisasi investasi mencapai 106 proyek. Jumlah ini dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Sri Mulyani.

Dia melanjutkan, investasi tersebut berfokus pada sektor seperti transportasi, khususnya kereta api dan industri maritim, serta di sektor lain seperti pertambangan, industri pertahanan, pendidikan dan pariwisata.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkeu: Polandia merupakan mitra penting bagi Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024