Karya seni dosen dan mahasiswa Indonesia raih apresiasi

id Dikti ristek ,Kemendikbudristek,Perguruan tinggi,Perguruan tinggi seni

Karya seni dosen dan mahasiswa Indonesia raih apresiasi

Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie menghadiri pameran seni visual bertajuk Rakta Mahardika Rupa-Merdeka Cipta Daulat Bangsa di Gedung D Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat (10/11/2023). (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung eksistensi karya seni para dosen dan mahasiswa dengan menggelar pameran seni visual bertajuk Rakta Mahardika Rupa-Merdeka Cipta Daulat Bangsa.

Pameran yang berlangsung di Gedung D Kemendikbudristek, Jakarta, ini merupakan hasil kolaborasi antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) dan Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS-PTSI).

“Pameran ini juga merupakan bentuk apresiasi terhadap karya dosen dan mahasiswa dari sembilan perguruan tinggi seni ternama di Indonesia,” kata Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dalam pameran ini terdapat sekitar 290 karya seni visual yang dipamerkan meliputi seni lukis, seni patung, karya rancangan fesyen, instalasi, hingga karya seni multimedia yang akan menghiasi gedung Ditjen Diktiristek hingga dua bulan ke depan.



Seni-seni itu merupakan karya dosen dan mahasiswa dari Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISI Tanah Papua, ISBI Bandung, Institut Kesenian Jakarta, dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya.

Tjitjik menuturkan kegiatan ini merupakan sebuah unjuk kinerja dari para seniman perguruan tinggi seni kepada seluruh stakeholder dari seluruh wilayah Indonesia ketika mengunjungi Gedung D Kemendikbudristek.

“Pameran ini sekaligus memperkenalkan nama perguruan tinggi seni bahwa mereka bukan hanya sebuah perguruan tinggi kecil karena memiliki karya yang tak terhingga besarnya,” kata dia.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemendikbudristek dukung eksistensi karya seni dosen dan mahasiswa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024