Tes CASN transparan dan akuntabel, klaim Menpan

id Menpan RB,Tes CASN,Kementerian PANRB,BKN,Abdullah Azwar Anas

Tes CASN transparan dan akuntabel, klaim Menpan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas saat mengecek pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk formasi lingkungan Kejaksaan Agung di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional Bali, Denpasar, Bali, Jumat (17/11/2023). ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memastikan semua tahapan tes seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) berjalan transparan dan akuntabel.

"Tes-nya online (daring), Computer Assisted Test (CAT), nilai langsung keluar, live score, tanpa jeda sehingga tidak bisa diintervensi siapa pun, bahkan itu ditampilkan live di YouTube. Prosesnya juga kita tambahi pakai face recognition, sehingga tak ada lagi joki tes," kata Anas dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Hal itu disampaikan-nya saat mengecek pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk formasi lingkungan Kejaksaan Agung di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional Bali, di Denpasar, Bali, Jumat, didampingi oleh Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Bali R. Narendra Jatna.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar jangan percaya bila ada orang atau lembaga yang mengaku dapat membantu meloloskan seleksi CASN.



Anas memaparkan bahwa pemerintah membuka formasi yang sangat besar di lingkungan Kejaksaan pada tahun 2023 yakni mencapai 7.846 orang.

Di mana, pemerintah sendiri telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi ASN pada tahun 2023, dengan rincian di 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN, dan formasi di pemerintah daerah sebanyak 493.634 ASN.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpan RB pastikan tes CASN transparan-akuntabel
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024