Dekat suplai gas, pemerintah bangun industri pupuk di Papua

id kementerian esdm,pabrik pupuk,fakfak papua,lapangan akm

Dekat suplai gas, pemerintah bangun industri pupuk di Papua

Presiden Joko Widodo (empat dari kiri), yang didampingi Menteri ESDM Arifin Tasrif (tiga dari kiri), Menteri Sekretaris Negara Pratikno (lima dari kiri), dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (enam dari kiri), saat peletakan batu pertama (groundbreaking) Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (23/11/2023). ANTARA/HO-BPMI

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah membangun industri pupuk di Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, karena dekat dengan suplai gas sebagai bahan bakunya.

Dalam rilis Kementerian ESDM, yang dikutip di Jakarta, Jumat, Presiden menjelaskan proyek industri pupuk itu menjadi bagian dari hilirisasi sektor energi dan sektor terkait lainnya yang bertujuan meningkatkan ekonomi wilayah dan memenuhi kebutuhan industri hilir domestik.

"Oleh sebab itu, setelah mendengar ada rencana ini, segera dieksekusi agar kawasan timur punya industri pupuk dan alasan dibangun di sini karena dekat dengan suplai gasnya," jelas Jokowi saat peletakan batu pertama (groundbreaking) Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Distrik Arguni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Kamis (23/11/2023).

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi antara lain Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Presiden Joko Widodo menyambut baik pembangunan tersebut agar kawasan timur Indonesia memiliki industri pupuk sendiri.

"Sudah 40 tahun kita memiliki lima industri pupuk, semuanya berada di kawasan barat negara kita Indonesia, yang kawasan timur belum ada sama sekali," ujar Presiden.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemerintah bangun industri pupuk di Papua karena dekat suplai gas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024