Industri "healthtech" jaga bonus demografi Indonesia

id DEFA,KEK,ASEAN

Industri "healthtech" jaga bonus demografi Indonesia

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memberikan sambutan dalam Launching Biomedical Campus di Gedung Biomedical Hub di Tangerang, Sabtu (12/2/2023) (ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian)

Tangerang (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa transformasi digital dalam industri layanan teknologi kesehatan atau healthtech menjadi aspek penting dalam momentum bonus demografi.

“Kehadiran biomedical kesehatan ini sangat penting, pemerintah sudah melakukan reform yang pertama melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan kita sudah punya klinik di Sanur yang diharapkan bisa menarik berbagai institusi untuk melakukan hal yang sama baik itu untuk research, untuk kesehatan, dan kalau direplikasi di kawasan lain ini baik tapi syaratnya terintegrasi kawasan,” kata Airlangga dalam acara Launching Biomedical Campus di Gedung Biomedical Hub di Tangerang, Sabtu.

Menko Airlangga mengatakan pengembangan industri healthcare saat ini penting untuk dilakukan mengingat Indonesia tengah berada pada momentum bonus demografi yang akan berlangsung hingga 2038 mendatang, sehingga perlu dilakukan penyiapan generasi muda yang produktif melalui pemenuhan kebutuhan pendidikan dan kesehatan.



Indonesia juga telah tergabung dalam berbagai forum internasional dan tengah berupaya mengajukan aksesi sebagai keanggotaan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonom (OECD) Untuk itu peningkatan standar dan iklim sektor kesehatan menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Salah satu kebijakan pemerintah untuk mendorong iklim sektor kesehatan tersebut yakni Pembentukan Undang-Undang Kesehatan yang menjabarkan agenda transformasi kesehatan untuk perbaikan pelayanan.

Selanjutnya dari sisi pendidikan, Menko Airlangga juga menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya menarik berbagai universitas global untuk dapat masuk ke Indonesia, salah satu yang sedang didorong yakni King’s Collage London di KEK Singhasari.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Airlangga: Industri "healthtech" penting jaga momentum bonus demografi