Israel siap melanjutkan pembicaraan pertukaran tahanan

id gencatan senjata Gaza,Konflik Palestina Israel,Hamas Israel

Israel siap melanjutkan pembicaraan pertukaran tahanan

Sejumlah warga Palestina terlihat di depan sebuah bangunan yang hancur akibat serangan Israel di kota Rafah di Jalur Gaza selatan (7/12/2023) (ANTARA/Xinhua/Khaled Omar/aa)

Yerusalem (ANTARA) - Israel siap melanjutkan pembicaraan dengan para mediator untuk membahas kelanjutan pertukaran tahanan dengan Hamas, lapor media setempat pada Selasa.

Kesepakatan pertukaran tahanan yang baru ini akan dilakukan dalam kerangka gencatan senjata kemanusiaan. 

Mereka yang akan dibebaskan meliputi perempuan yang masih ditahan di Gaza, pasien dan orang-orang yang terluka, dan lansia, kata Channel 12 Israel.

Israel mengatakan masih ada perempuan yang ditawan oleh Hamas. 

Namun, kelompok perlawanan Palestina itu membantah klaim itu dengan menyatakan perempuan-perempuan itu adalah pasukan Israel dan ditangkap saat mengenakan seragam tentara Israel.

Hamas bersikukuh bahwa pembicaraan mengenai pembebasan tentara-tentara tersebut akan diadakan pada tahap selanjutnya.

Sikap Hamas ini mengakibatkan jeda kemanusiaan di Gaza gagal diperpanjang dan Israel kembali melanjutkan serangan pada 1 Desember.

Menurut media Israel, Hamas masih menahan 137 tawanan, termasuk 126 warga Israel dan 11 warga asing.

Channel 12 mengatakan para pejabat Israel percaya bahwa peluang mencapai kesepakatan baru untuk pertukaran tahanan dengan Hamas tidak mungkin terjadi pekan depan.

Namun, Israel meyakini bahwa mereka dapat menemukan jalan dengan mengambil keuntungan dari tekanan terhadap Hamas akibat pertempuran di Gaza.


Sumber: Anadolu

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Israel siap lanjutkan pembicaraan pertukaran tahanan