Pemkab Sleman raih Anugerah Parahita Ekapraya 2023

id Anugrah Parahita Ekapraya ,Bupati Sleman ,Kabupaten Sleman ,Pengarusutamaan gender ,Kesetaraan gender

Pemkab Sleman raih Anugerah Parahita Ekapraya 2023

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menerima penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Jakarta, Selasa (19/12/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

"Penghargaan ini menjadi motivasi Pemkab Sleman untuk terus meningkatkan pengarusutamaan gender atau kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang di Sleman," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Rabu.

Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.

Kustini berharap ke depan di Kabupaten Sleman tidak ada lagi ketimpangan gender, dan perempuan dapat berkarya serta berkontribusi di berbagai bidang dalam upaya "sesarengan mbangun Sleman".

Penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG Tahun 2022 yang telah disampaikan oleh kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota.

Pada 2023, terdapat 360 instansi (16 Lembaga, 28 provinsi dan 316 kab/kota) yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui Evaluasi Mandiri.

Dari hasil Evaluasi Mandiri dilakukan Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan Verifikasi Akhir.

Hasil Verifikasi Akhir terdapat 12 Lembaga, 25 provinsi dan 237 kabupaten/kota yang menerima Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Selasa (19/12).
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024