Pemkab Sleman mengikuti verifikasi daring implementasi strategi PUG

id Verifikasi PUG ,Anugerah Parahita Ekapraya ,Kabupaten Sleman ,Bupati Sleman Kustini ,Sleman

Pemkab Sleman mengikuti verifikasi daring implementasi strategi PUG

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri verifikasi implementasi strategi Pegarusutamaan Gender (PUG) untuk Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 secara daring. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman, DIY (ANTARA) - Pemerintah Kabupeten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti verifikasi implementasi strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) untuk Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 secara daring, di Sleman, Kamis.

Verifikasi tersebut dihadiri Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlinduangan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Sleman dr Mafilindati Nuraini di Smartroom Kominfo Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam menyambut gembira pelaksanaan Verifikasi Lapangan Dalam Rangka Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020.

Ia berharap Kabupaten Sleman dapat mempertahankan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya yang pernah diraih 2018, yakni untuk kategori Mentor yang merupakan penghargaan kategori tertinggi.

Menurut Kustini Penghargaan tersebut turut menjadi memotivasi untuk senantiasa berupaya melaksanakan pembangunan di bidang pengarus utamaan gender (PUG) di Kabupaten Sleman.

"Terlebih lagi Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya juga melihat keterlibatan dan peran serta aktif dari berbagai komponen masyarakat dan pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemberdayaan kaum perempuan dan anak-anak," katanya.

Ia mengatakan Pemkab Sleman melalui Dinas P3AP2KB Sleman berkomitmen menurunkan angka kekerasan perempuan dan anak, perdagangan manusia dan memastikan perempuan memiliki akses terhadap sumber daya ekonomi.

Ia berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan pengarus utamaan gender di Kabupaten Sleman untuk dapat mempertahankan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya yang pernah diraih oleh Kabupaten Sleman pada 2018 yakni untuk kategori Mentor yang merupakan penghargaan kategori tertinggi.

Adapun tim verifikator pada penghargaan tersebut meliputi Deputi Bidang Kesetraan Gender Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Tim Verifikator Implementasi Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Asdep Perumusan Kebijakan Kesetaraan Gender Kementerian PPPA Muhammad Ihsan yang membuka kegiatan verifikasi tersebut mengatakan mengapresiasi Pemkab Sleman karena telah melengkapi data dan informasi tentang pelaksaan PUG beserta pencaipaiannya sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

"Data dan informasi tersebut sangat berharga tidak hanya bagi kami tetapi juga bagi Pemkab Sleman sebagai langkah strategis perencanaan dalam mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan merata bagi masyarakat dengan pengarusutamaan gander sebagai salah satu streteginya," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024