Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dioperasikan

id Jalur fungsional ,Tol,Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo,Dioperasikan

Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dioperasikan

Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo. ANTARA/HO-Jasa Marga

Raja Ampat, Papua Barat Daya (ANTARA) - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo), mengoperasikan jalur fungsional Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo mulai dari Kartasura hingga Karanganom sepanjang 13 km yang dimulai Jumat ini (22/12).

“Pada periode tersebut, kami akan membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura- Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan roda 4 golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukkan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 Km/Jam,” ujar Direktur Utama PT JMJ Suchandra P Hutabarat dalam keterangan yang diterima di Raja Ampat, Papua Barat Daya, Jumat.

Suchandra menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) akan dioperasikan dalam dua periode. Pada periode arus mudik yaitu pada 22-31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu 1-3 Januari 2024.

Pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1444H lalu yang hanya dibuka dari Kartasura (Akses Gerbang Tol/GT Colomadu) sampai dengan Jl Sawit sepanjang 6 KM, Suchandra menjelaskan pada periode Natal dan Tahun Baru 2023/2024 kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses GT Colomadu & on/off Banyudono hingga Karanganom sepanjang 13 KM. Perkerasan jalan jalur fungsional kali ini berupa konstruksi rigid pavement.

“Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari Akses/GT Colomadu menuju Klaten,” kata Suchandra.

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo (Kartasura sampai dengan Karanganom) hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik. Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional akan melalui on/off Banyudono yang berjarak sekitar 700 meter dari GT Colomadu.

Pengaturan arah arus lalu lintas pada periode arus mudik Natal dan Tahun Baru yaitu pada periode 22-31 Desember 2023 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari GT Colomadu (Jalan Tol Trans Jawa) menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Pada periode arus balik Natal dan Tahun Baru yaitu pada periode 1-3 Januari 2024 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini beroperasi satu arah dari GT Karanganom menuju GT Banyudono (untuk tujuan Boyolali dan/atau Kartasura) dan GT Karanganom menuju GT Colomadu (untuk tujuan Jalan Tol Trans Jawa).





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo mulai dioperasikan