Prabowo-Gibran: Swasembada pangan bagian pertahanan

id Swasembada pangan,budisatrio,tkn prabowo gibran

Prabowo-Gibran: Swasembada pangan bagian pertahanan

Komandan TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono. (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

Jakarta (ANTARA) - Komandan Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, mengatakan pasangan calon nomor urut 2 tersebut menilai bahwa kemandirian bangsa dalam urusan pangan dan energi merupakan salah satu bentuk pertahanan negara.

"Prabowo-Gibran sangat memahami pertahanan negara tidak terbatas hanya di urusan militer, tetapi juga mendorong bangsa kita jadi mandiri, baik dari mandiri energi dan pangan lewat swasembada. Ini yang sering dilupakan," kata Budisatrio dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia menyebutkan salah satu program penting yang diusung pasangan calon Prabowo-Gibran adalah mendorong kemandirian pangan dan energi secara bertahap.

"Itu tertulis dalam visi dan misi Prabowo-Gibran, bahwa kami akan secara bertahap mengurangi ketergantungan pada impor pangan, serta melakukan produksi dan pengolahan pangan di dalam negeri. Jadi, ada hilirisasi komoditas pangan dan pengembangan energi mandiri," jelas Budisatrio.



Selain itu, untuk menjamin pasokan produksi pangan, dia mengatakan pasangan calon Prabowo-Gibran akan memodernisasi teknologi pertanian dan menyempurnakan program lumbung pangan (food estate) yang sudah ada menjadi lumbung pangan terintegrasi desa, daerah, dan nasional.

"Dalam lumbung pangan, harus terjadi industrialisasi pertanian. Kami akan mengubah struktur pertanian tradisional menjadi industri pertanian berbasis teknologi di koperasi dan badan usaha desa, seperti keberhasilan negara-negara Skandinavia, Norwegia, dan Finlandia," kata Budisatrio.

Hilirisasi komoditas pertanian juga dilakukan untuk menggerakkan ekonomi pedesaan dan menciptakan industri kecil skala desa yang bisa meningkatkan kinerja kelompok usaha tani, Koperasi Unit Desa (KUD), dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Tujuannya agar produk usaha tani di desa diolah menjadi barang jadi di desa. Sehingga, petani desa mendapatkan nilai tambah karena pengolahan produk usaha tani mereka menjadi barang siap konsumsi," jelasnya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TKN Prabowo-Gibran sebut swasembada pangan bagian dari pertahanan