Mobil hybrid jadi andalan pilihan konsumen

id kendaraan listrik, mobil listrik,mobil hybrid,kendaraan hybrid

Mobil hybrid jadi andalan pilihan konsumen

Seorang petugas membantu pengisian ulang mobil listrik milik konsumen di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN UP3 Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Jakarta (ANTARA) - Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung Yannes Martinus Pasaribu menilai bahwa kendaraan berteknologi hybrid masih menjadi pilihan yang relevan oleh konsumen elektrifikasi di Indonesia.

“Pergeseran ICE ke EV akan berlangsung secara mulus selama 2024. Penjualan terbesar justru terjadi pada kendaraan hybrid. Kendala harga baterai yang memiliki harga masih mahal tetap masih menjadi tantangannya,” kata Yannes kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

Pertumbuhan kendaraan elektrik berbasis hybrid menunjukkan tren yang positif sejak dua tahun belakangan. Pada 2022, kendaraan hybrid terjual 10 ribu unit dalam satu tahun, begitu juga dengan kendaraan elektrik.
 

Sepanjang 2023, tren penjualan kendaraan hybrid yang di dalamnya masih menggunakan mesin konvensional melonjak drastis sebanyak 40 ribu unit hingga November 2023. Sedangkan kendaraan elektrik murni, data Gaikindo menunjukkan penjualan kendaraan yang tidak menghasilkan emisi tersebut hanya bisa mencapai 14 ribu unit hingga November 2023.

Oleh karena itu, pemerintah dan juga produsen otomotif Indonesia masih perlu bekerja keras untuk mengedukasi konsumen agar mau beralih ke kendaraan bersih emisi tersebut pada tahun ini. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor, yang membuat tren beralih dari kendaraan konvensional ke elektrik penuh masih cenderung santai atau tidak seperti negara-negara lainnya.

Menurut Yannes, para produsen otomotif baru yang membawa berbagai kendaraan elektrik penuh mereka perlu strategi yang menyeluruh. Pertama, produk harus disesuaikan dengan pasar lokal, mempertimbangkan kondisi geografis, infrastruktur, preferensi desain, jangkauan baterai, dan juga yang terpenting adalah harga.

Selain itu, jangkauan baterai yang lebih jauh juga perlu menjadi perhatian khusus bagi para produsen otomotif yang hendak menyediakan varian elektrik penuh untuk konsumen Indonesia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mobil hybrid masih jadi kendaraan ramah lingkungan pilihan masyarakat
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024